Jokowi-JK Genap Setahun Hari Ini, Ada Reshuffle Kedua?

Jokowi-JK Genap Setahun Hari Ini, Ada Reshuffle Kedua?
Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Tanggal 20 Oktober 2015, Joko Widodo dan Jusuf Kalla genap satu tahun dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI. Selama satu tahun ini, kinerja pemerintahan Jokowi-JK belum memuaskan publik.

Hal ini tergambar dari hasil survei beberapa lembaga seperti Indo Barometer, yang mengungkap tingkat kepuasan publik terhadap pemerintahan Jokowi-JK tak lebih dari 50 persen. Lantas, kemudian mengemuka isu reshuffle jajaran kabinet Tahap II. Apakah reshuffle ini satu kejutan saat pemerintahan Jokowi-JK genap satu tahun?

Wakil Presiden Jusuf Kalla menampik prediksi sejumlah kalangan tentang kemungkinan akan dilakukan reshuffle atau perombakan Kabinet Kerja pada hari ini.

JK sapaan Jusuf Kalla memastikan tidak ada perombakan Kabinet Kerja lagi saat satu tahun pemerintahannya bersama Presiden Joko Widodo. Menurutnya, hal itu tergantung evaluasi kinerja para menteri.

“Belum pernah dibicarakan sama sekali. Tergantung evaluasi untuk performance kabinet ke depan tentu waktu dievaluasi setahun,” ujar JK di kantornya, kemarin (19/10).

Menurutnya, kinerja semua bidang dalam Kabinet Kerja perlu dievaluasi menyeluruh. Termasuk dalam penegakan hukum. Salah satunya, terkait kinerja KPK.

“Semua harus dievaluasi. Menurut kamu KPK itu berhasil atau tidak? Selalu saya katakan tidak ada suatu lembaga di dunia ini yang begitu banyak menangkap orang. Jadi cukup keras tindakan KPK selama ini. Tapi perlu tetap dievaluasi,” tegas JK.

Namun, JK tidak merinci evaluasi seperti apa yang pantas dilakukan terhadap lembaga antikorupsi tersebut. Terpenting, ujarnya, pemerintah terus bekerja untuk memperbaiki situasi dan kehidupan dalam negeri.(flo/jpnn)

JAKARTA – Tanggal 20 Oktober 2015, Joko Widodo dan Jusuf Kalla genap satu tahun dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI. Selama satu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News