Jokowi: Kita Negara Besar, Jangan Lagi Mencari-cari Bantuan

Jokowi: Kita Negara Besar, Jangan Lagi Mencari-cari Bantuan
Presiden Jokowi. Foto: Biro Pers Istana

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyampaikan pesan tegas kepada para diplomat bahwa Indonesia merupakan negara besar.

Sehingga, lanjut Presiden Jokowi, jangan ada lagi yang merasa inferior di hadapan diplomat asing. Termasuk tidak boleh lagi mencari-cari bantuan. Dikatakan, sudah saatnya Indonesia membantu.

"Kita ini sudah masuk negara G-20, artinya kita ini masuk ke golongan negara besar. Jangan lagi ada yang merasa inferior dan apalagi merasa sebagai negara kecil," ujar Jokowi saat membuka rapat kerja Kepala Perwakilan Republik Indonesia dengan Kementerian Luar Negeri, di Gedung Pancasila, Kantor Kemenlu, Senin (12/2).

Sambil menadahkan tangannya untuk memberi contoh, suami Iriana itu menyatakan agar Indonesia tidak lagi menjadi negara penadah bantuan.

Sebagai negara besar yang kaya sumber daya manusia dan alam, sudah seharusnya negara ini memberikan bantuan ke negara lain.

"Saya sudah sampaikan kepada Bu Menlu dan seluruh menteri agar kita ini tidak lagi mencari-cari bantuan. Kita ini seharusnya membantu, harus dibalik," tegasnya.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menyebutkan bahwa masih banyak pihak dan diplomat yang masih merasa bahwa Indonesia bukanlah negara besar. Karenanya pola pikir demikian harus diubah.

"Untuk menunjukkanitu ya kita harus merasa besar. Kalau kita merasa inferior seperti itu bagaimana kalau kita mau gagah datang ke sebuah summit," sebutnya.(fat/jpnn)

Presiden Jokowi mengatakan, Indonesia merupakan negara besar yang kaya sumber daya manusia dan alam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News