Jokowi: Kita Tidak Mau itu Terjadi!

Jokowi: Kita Tidak Mau itu Terjadi!
Presiden Joko Widodo. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA—Presiden Joko Widodo mengatakan, Indonesia saat ini berada pada era persaingan global. Diakuinya, kompetisi antarnegara luar biasa sengit saat ini karena itu Indonesia harus bisa kreatif dan berjuang keras untuk bersaing dengan negara lain.

“Untuk memenangkan kompetisi, menjadi bangsa pemenang, kita harus berani keluar dari zona nyaman. Kita harus kreatif, optimis, bahu- membahu, dan melakukan terobosan-terobosan. Semua itu demi mempercepat pembangunan nasional,” ujar Jokowi sapaan Presiden saat berpidato di Sidang Tahunan MPR/DPR Tahun 2016 di Senayan, Jakarta, Selasa (16/8).

Jika tidak berani melakukan itu semua, Jokowi khawatir kemajuan Indonesia akan terhalang oleh kemiskinan, pengangguran, ketimpangan dan kesenjangan sosial. Dia meminta lembaga-lembaga negara melakukan terobosan dan bekerja cepat.

“Selain itu, diperlukan pula keteguhan dalam menjunjung ideologi bangsa, konstitusi negara, dan nilai-nilai keutamaan bangsa. Tanpa itu, kebesaran kita sebagai bangsa akan punah, akan digulung oleh arus sejarah. Kita tidak mau itu terjadi!,” tegas Jokowi.

Jokowi juga mengapresiasi kiprah MPR yang terus memperluas sosialisasi, pengkajian, dan penyerapan aspirasi masyarakat tentang implementasi nilai-nilai Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Kita juga menyambut baik gagasan MPR untuk mengkaji sistem perencanaan pembangunan nasional jangka panjang. Dalam era kompetisi global sekarang ini, kajian seperti itu kita harapkan bisa mendukung perencanaan pembangunan yang lebih terintegrasi, berwawasan ke depan, dan berkesinambungan,” pungkas Jokowi. (flo/jpnn)


JAKARTA—Presiden Joko Widodo mengatakan, Indonesia saat ini berada pada era persaingan global. Diakuinya, kompetisi antarnegara luar biasa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News