Jokowi Kutuk Bandit Pemeras TKI

Jokowi Kutuk Bandit Pemeras TKI
Jokowi Kutuk Bandit Pemeras TKI. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo memberikan perhatian khusus atas nasib Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang membanting tulang di luar negeri. Jokowi kembali menegaskan, TKI adalah pahlawan devisa.

"Penyebutan pahlawan (buat TKI) tidak boleh basa basi, mereka adalah bagian dari keluarga kita yang bekerja di luar negeri. Sudah selayaknya kita mengalungkan Bunga Selamat Datang pada mereka di bandara, bukan todongan pemerasan oleh oknum," tandas Jokowi di Jakarta, Senin (1/12)

Jokowi mengatakan, dengan keberanian dan keteguhan sikap, para TKI berani menantang hidup agar berhasil di negeri orang. Hasil kerjanya adalah devisa yang diterima negara. 

"Para TKI adalah tulang punggung keluarga, banyak anak-anak terpisah dari ibu-nya yang bekerja, atau terpisah dari bapak-nya. Banyak orang tua yang menggantungkan hidupnya pada kerja anak-anaknya yang bekerja di luar negeri," kata Jokowi.

Di laman facebook-nya, Jokowi terkesan geram dengan masih maraknya aksi pemerasan terhadap TKI. Jokowi menyebut aksi tersebut tidak manusiawi bila ada oknum-oknum yang memeras mereka, menjadikan TKI seperti sapi perah yang bisa dijadikan tambang uang. 

"Terkutuklah mereka yang memeras para TKI, memeras hasil keringat dari mereka yang bekerja. Saya perintahkan kepada Menteri Tenaga Kerja untuk membereskan bandit-bandit pemeras tenaga kerja, kita harus menjamin TKI aman dari bandara sampai depan rumahnya. Negara harus hadir untuk menjamin keamanan itu," pungkas presiden. (adk/jpnn)


JAKARTA - Presiden Joko Widodo memberikan perhatian khusus atas nasib Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang membanting tulang di luar negeri. Jokowi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News