Jokowi Lantik Megawati Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN, Guru Besar IPB Berkomentar Begini

Jokowi Lantik Megawati Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN, Guru Besar IPB Berkomentar Begini
Megawati Soekarnoputri dilantik Presiden Joko Widodo menjadi Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (13/10). Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) Dwi Andreas Santosa mengapresiasi Presiden Jokowi yang melantik Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Dia berharap Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Dewan Pengarah dan Eksekutif BRIN lainnya bekerja merealisasikan ide utama yang dituangkan lewat Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2021.

"Riset dan Inovasi adalah kata kunci perkembangan teknologi, pertumbuhan ekonomi dan kemajuan sebuah bangsa," kata Dwi Andreas dalam keterangannya, Rabu (13/10).

Menurut Dwi Andreas, BRIN dan Dewan Pengarahnya bisa memuluskan proses penyatuan berbagai lembaga riset yang selama ini terpisah.

Sebab, selama ini banyak pihak yang menganggap lembaga dan pendanaan riset terpisah serta tidak terkoordinasi.

Hal tersebut menjadi salah satu penyebab lambannya kemajuan penelitian dan pengembangan di Indonesia.

Oleh sebab itu, Dwi Andreas mengharapkan BRIN bisa menghilangkan duplikasi riset dan kesimpangsiuran tata kelola di Indonesia.

"Diseminasi hasil riset, pemanfaatan hasil riset, dan inovasi, serta link yang selama ini hilang antara hasil riset dan inovasi dengan pengguna baik kalangan industri atau swasta maupun pengguna lainnya, bisa dibangun lebih baik di masa depan," jelas Dwi Andreas.

Guru Besar IPB Dwi Andreas Santosa mendorong Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menjalankan tugasnya sesuai dengan keputusan yang berlaku.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News