Jokowi Makan Ingkung Jawa, Minumannya Kelapa Muda

Jokowi Makan Ingkung Jawa, Minumannya Kelapa Muda
Presiden Jokowi dan rombongan santap ingkung jawa original di rumah makan wilayah Sedayu, Bantul, DIY (Foto ANTARA/Hery Sidik)

jpnn.com, BANTUL - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo alias Jokowi menyantap ingkung jawa di sebuah rumah makan di Dusun Semampir, Desa Argorejo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (31/10).

Jokowi dan rombongan makan siang setelah meresmikan Taman Bendung Kamijoro di Kabupaten Kulon Progo.

"Kalau makanan yang disantap beliau (Jokowi) ingkung jawa original, yaitu ingkung yang dimasak dengan kuah santan, dimasak agak lama dengan api kecil hingga mengeluarkan areh," kata pemilik rumah makan Ingkung Mbah Geol Sedayu Bantul Hendri Prasetyo ketika ditemui usai menjamu makan siang Presiden Jokowi.

Ingkung adalah ayam kampung yang dimasak utuh dan diberi bumbu opor, kelapa, dan daun salam. Ingkung jawa original yang disajikan kepada Kepala Negara dan rombongan tersebut menurut Hendri adalah makanan spesial di rumah makan tersebut.

"Untuk hidangan makan siang menjamu Bapak Presiden tadi kami sajikan sajian yang kami andalkan yaitu ingkung jawa original dan ingkung goreng, hidangan khusus tidak ada, tetapi istilahnya yang dipesan Bapak itu yang spesial di sini (rumah makan)," katanya.

Dia mengatakan, minuman yang disajikan untuk Presiden Jokowi dan rombongan pejabat negara yaitu minuman tradisional berupa beras kencur dan kunir asem, kemudian ada minuman modern seperti lemon squash, dan kelapa muda. "Untuk minuman yang diminum Pak Jokowi kelapa muda murni," katanya.

Henry merupakan warga Sedayu yang membuka rumah makan ingkung sejak pertengahan 2017.

Dia mengaku bangga setelah rumah makannya dikunjungi Presiden Jokowi dan rombongan yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Gubernur DIY Sri Sultan Hemengku Buwono X untuk santap siang, apalagi hidangannya disukai Presiden Jokowi.

Jokowi mampir ke sebuah rumah makan di Sedayu Bantul setelah meresmikan Taman Bendung Kamijoro

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News