Jokowi Mania Tak Ragukan Jenderal Andika, tetapi Sosok Ini Lebih Pantas Jadi Panglima

Jokowi Mania Tak Ragukan Jenderal Andika, tetapi Sosok Ini Lebih Pantas Jadi Panglima
Ketua Umum JoMan Immanuel Ebenezer. Foto: Anta

jpnn.com, JAKARTA - Kelompok sukarelawan Jokowi ikut bersuara soal rencana pergantian pucuk pimpinan TNI yang kabarnya bakal segera terjadi. Mereka berharap panglima selanjutnya dipilih berdasarkan profesionalitas, integritas dan keseimbangan antar matra.

Bagi`Jokowi Mania (Joman) hanya ada dua sosok di internal TNI yang memenuhi kriteria tersebut, yakni Kasad Jenderal Andika Perkasa dan Kasal Laksamana Yudho Margono.

Namun, mempertimbangkan prinsip keseimbangan antar matra maka Kasal Yudho Margono harusnya menjadi Panglima TNI berikutnya.

"Kasad Andika Perkasa memang calon yang bagus. Apalagi beliau orang dekat Presiden. Tapi prinsip keseimbangan karier antar matra juga sangat penting," kata ketua JoMan Imanuel Ebenezer.

Pria yang akrab disapa Noel itu mengingatkan bahwa mempertimbangkan keseimbangan matra dalam pergantian panglima adalah amanat UU 34/2004 tentang TNI.

Ditegaskan Noel, jika suksesi panglima melenceng dari undang-undang, maka akan merusak tatanan atau kultur yang sudah ada di tubuh TNI..

Tambah Noel, pasal 14 ayat 4 UU TNI menjelaskan bahwa Panglima TNI dapat dijabat secara bergantian oleh perwira tinggi aktif dari tiap-tiap angkatan yang sedang atau pernah menjabat kepala staf angkatan.

Selain itu merujuk prinsip yang diatur pada Pasal 4 ayat 2 UU TNI bahwa tiap-tiap angkatan mempunyai kedudukan yang sama dan sederajat.

Bagi`Jokowi Mania (Joman) hanya ada dua sosok di internal TNI yang memenuhi kriteria untuk jadi panglima baru

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News