Jokowi – Ma’ruf Kuat, Prabowo – Sandiaga tak Bisa Diremehkan

Jokowi – Ma’ruf Kuat, Prabowo – Sandiaga tak Bisa Diremehkan
Prabowo Subianto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pilpres 2019 menjadi pertarungan Jokowi – Ma’ruf Amin dan Prabowo – Sandiaga. Bagaimana kira-kira peluangnya? Berikut rangkuman pendapat M Qodari, Direktur Eksekutif Indobarometer:

Jokowi - Ma'ruf Amin

Jokowi unggul dari sisi elektabilitas, dan memiliki kemudahan untuk kampanye baik sebagai capres maupun presiden. Namun, Jokowi punya persoalan besar di bidang ekonomi, karena kas negara yang mepet, namun masih ingin membangun infrastruktur, belum lagi harga komoditas yang anjlok. Sementara Amin meski dianggap senior, justru itu nilai lebihnya. Bisa jadi akan lebih banyak simpati dengan sosok Amin. Pihak yang selama ini sering mengeluarkan hoaks akan segan dengan keberadaan Amin.

Bahkan sosok Amien Rais pun akan segan dengan Ma'ruf Amin. Namun, tantangan terbesar Amin adalah merangkul suara NU, yang kalau dihitung mencakup 35 persen suara nasional.

Prabowo - Sandiaga

Prabowo tentu sebagai capres dengan elektabilitas nomor urut dua tidak bisa dianggap remeh. Apalagi, saat ini pihak yang tidak mendukung pemerintah tegas mendukung Prabowo. Namun dukungan Islam yang selama ini diklaim saat ini telah direm dengan keberadaan Ma'ruf Amin sebagai pendamping Jokowi.

Sementara Sandi tentu memiliki nilai tambah muda, pengusaha sehingga mampu berbicara isu ekonomi. Namun saya tidak yakin Sandi mampu menggaet suara dari Indonesia Timur, kendati punya darah Gorontalo.

BACA JUGA: Di Daerah Ini, Prabowo – Sandiaga Berpeluang Menang

Pasangan Jokowi – Ma’ruf Amin merupakan pasangan capres – cawapres kuat di Pilpres 2019, tapi Prabowo – Sandiaga tak bisa diremehkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News