Jokowi Minta PT Fasilitasi Mahasiswa untuk Berinovasi

Jokowi Minta PT Fasilitasi Mahasiswa untuk Berinovasi
Presiden Joko Widodo. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta Perguruan Tinggi (PT) mengantisipasi perubahan di berbagai bidang dengan mendorong para mahasiswanya mengembangkan inovasi agar tidak terjebak pada rutinitas.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Presiden yang akrab disapa Jokowi saat menghadiri Penutupan Rembuk Nasional Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) yang digelar pada Rabu (29/11), di Universitas Esa Unggul, Jakarta.

"Kata kuncinya adalah mendorong dan mengembangkan inovasi. Kita tidak boleh terjebak pada rutinitas dan cara-cara baru harus dikembangkan. Keinginan mahasiswa untuk berinovasi harus ditumbuhkan serta kreasi-kreasi baru harus difasilitasi dan dikembangkan," ujar Jokowi.

Tak hanya para mahasiswa, Presiden juga berharap perguruan tinggi mendukung para sociopreneur yang telah melakukan sejumlah inovasi dan berhasil memecahkan masalah di masyarakat. Seperti pembuatan tas daur ulang dari bahan non kimiawi yang bisa mengurangi pencemaran lingkungan.

Kemudian membuat aplikasi untuk komunikasi antara guru dan murid, antar guru dengan pemangku kepentingan pendidikan, membuat aplikasi untuk memberi makan ikan secara efisien, hingga aplikasi untuk perdagangan online.

Selain itu, lanjut Presiden, proses pengajaran dan fasilitas pendukung kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi juga harus diubah. Seperti tempat perkuliahan yang tidak melulu harus dilakukan di dalam ruangan. Menurut Presiden, walaupun teori penting tapi tantangan dan pengalaman lebih penting.

"Penting di sebuah perguruan tinggi adanya co-working space, penting sekali. Para mahasiswa, para dosen bisa saling bekerja sama, bisa bekerja bersama menciptakan inovasi-inovasi, menciptakan hal-hal baru. Interaksi lintas ilmu, lintas fakultas sangat penting saat ini," seburnya.

Bahkan ke depannya, mantan gubernur DKI Jakarta ini berharap perguruan tinggi dapat meningkatkan co-working space menjadi creative hub dengan spesifikasi yang dimiliki oleh masing-masing perguruan tinggi.

Presiden Joko Widodo meminta Perguruan Tinggi mengantisipasi perubahan dengan mendorong para mahasiswanya untuk mengembangkan inovasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News