Jokowi Minta Rakyat Meneladani Nabi Muhammad SAW untuk Saling Menolong di Kala Sulit

Jokowi Minta Rakyat Meneladani Nabi Muhammad SAW untuk Saling Menolong di Kala Sulit
Presiden Joko Widodo memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW secara virtual, Kamis (29/10) malam. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta masyarakat Indonesia meneladani Nabi Muhammad SAW untuk tolong-menolong di kala sulit. Hal itu relevan dilakukan khususnya dunia saat ini tengah dilanda pandemi Covid-19

Pria yang akrab disapa Jokowi itu menyampaikan hal tersebut saat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW secara virtual, Kamis (29/10) malam. Jokowi mengajak umat Islam untuk mengambil pelajaran dari sosok Nabi Muhammad yang menjadi suri teladan.

"Allah SWT mengutus Nabi Muhammad SAW sebagai uswatun hasanah, role model, atau suri teladan dengan akhlakul karim, berakhlak mulia, yang wajib kita ikuti," kata dia.

Menurut Jokowi, salah satu akhlak terbaik Rasulullah yang patut diteladani dan sangat relevan dalam situasi saat ini ialah peduli terhadap lingkungan sekitar. Pandemi saat ini tidak bisa dihadapi secara individual, tetapi memerlukan ikhtiar bersama untuk dapat menanganinya.

"Beliau bersabda, siapa yang melepaskan kesusahan saudaranya, maka Allah akan melepaskan kesusahannya nanti pada hari kiamat. Semangat kepedulian terhadap sesama sebagaimana dicontohkan dan diperintahkan Nabi harus menjadi semangat kita sebagai bangsa di masa pandemi seperti sekarang ini," ucap Jokowi.

Kepala Negara menyampaikan rasa syukurnya selama hampir delapan bulan masa pandemi ini, disaksikan bagaimana masyarakat dengan tulus saling membantu dan ikhlas membagikan sebagian rezekinya untuk meringankan beban saudara-saudara yang mengalami kesusahan.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan organisasi keumatan serta kemasyarakatan Majelis Ulama Indonesia, Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, dan lain-lainnya yang turut bahu-membahu memberikan uluran tangan dan berperan bersama pemerintah dalam penanganan Covid-19 di Tanah Air.

"Kita juga patut bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh masyarakat, organisasi keumatan dan kemasyarakatan MUI, NU, Muhammadiyah, dan lain-lainnya yang ikut bahu-membahu memberikan tenaga, relawan, bantuan sosial, dan menyediakan fasilitas kesehatan untuk penanganan Covid untuk bergerak bersama melakukan kegiatan-kegiatan kemanusiaan, bersinergi dengan pemerintah tanpa memandang perbedaan," tuturnya.

Presiden Joko Widodo meminta masyarakat Indonesia meneladani Nabi Muhammad SAW untuk tolong-menolong di kala sulit. Teladan saling membantu itu tepat dilakukan di tengah pandemi Covid-19 ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News