Jokowi Pakai Busana Badui, Pelaku UMKM Kebanjiran Pesanan

Jokowi Pakai Busana Badui, Pelaku UMKM Kebanjiran Pesanan
Pelaku UMKM di kawasan permukiman Badui di pedalaman Kabupaten Lebak, Banten, mulai kebanjiran pesanan setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) memakai busana adat masyarakat Badui pada Pidato Sidang Tahunan Bersama MPR DPR dan DPD di Jakarta, Senin. Foto: Antara

jpnn.com, LEBAK - Berkah dirasakan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di kawasan permukiman Badui pedalaman Kabupaten Lebak, Banten.

Pelaku UMKM mulai kebanjiran pesanan setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) memakai busana adat masyarakat Badui pada Pidato Sidang Tahunan Bersama MPR/DPR dan DPD di Jakarta.

"Kami merasa kewalahan melayani pesanan dan di antaranya 30 konsumen dari Bali," kata Kudil, seorang pelaku UMKM masyarakat Badui di Lebak, Senin.

Kebanyakan permintaan pesanan produk kerajinan tu pakaian pangsi yang biasa digunakan sehari-hari masyarakat Badui.

Permintaan terus meningkat, sehingga berdampak terhadap omzet pendapatan pelaku UMKM.

Meningkatnya permintaan tersebut setelah Presiden Jokowi menggunakan busana masyarakat adat Badui pada Sidang Kenegaraan yang dihadiri MPR, DPR, dan DPD.

"Kami tidak menyangka meningkatnya permintaan pesanan itu berkah dipakai Presiden Jokowi itu," kata Kudil.

Kudil kini mendapatkan omzet sekitar Rp 20 juta melalui pesanan tersebut. Padahal, saat ini sangat sepi dan paling bantar omzet pendapatan Rp 3 juta per pekan.

Pelaku UMKM di kawasan pemukiman Badui, Kabupaten Lebak, Banten, mulai kebanjiran pesanan setelah Presiden Jokowi memakai busana adat masyarakat Badui pada Pidato Sidang Tahunan Bersama MPR/DPR dan DPD di Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News