Jokowi-Prabowo, Capres Paling Layak Versi Survei

Jokowi-Prabowo, Capres Paling Layak Versi Survei
Joko Widodo. Foto: Dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Nama Joko Widodo dan Prabowo Subianto kembali masuk dalam posisi dua teratas tokoh paling layak dipilih sebagai calon presiden (Capres) hasil survei Cirus Surveyor Group (CSG) yang dilakukan 9-15 Desember 2013.

Dalam survei itu, Gubernur DKI Jakarta mengantongi dukungan 31 persen responden, sedangkan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo mengantongi 11,5 persen dukungan. Tiga nama lain yang dinilai layak dipilih sebagai capres adalah Aburizal Bakrie (9,1 persen), Megawati Soekarnoputri (6,2 persen) dan Wiranto (5 persen).

Direktur Riset Cirus, Kadek Dwita Apriani, dalam paparannya mengatakan survey dilakukan Cirus dengan metode yang benar, tingkat akurasi survei tidak jauh berbeda dengan kenyataan serta pengendalian kualitas yang ketat untuk berusaha memetakan posisi kandidat di mata publik.

Survey dilakukan menggunakan metode multistage random sampling dan 2.200 orang responden terpilih pada 220 desa dan kelurahan di 33 provinsi, diwawancarai lewat tatap muka dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin error 2 persen.

"Tanpa disodorkan daftar nama, responden menjawab Joko Widodo paling layak dipilih sebagai capres, disusul Prabowo Subianto, Aburizal Bakrie, Megawati, Wiranto, lainnya 11,1 persen," kata Kadek dalam paparan Mencari Pemimpin di Tengah Kemarau Calon Pemimpin, di Senayan Jakarta, Kamis (9/1).

Dalam survei itu, Cirus juga menempatkan Joko Widodo sebagai capres paling dikenal dan disukai responden (82 persen), disusul Jusuf Kalla (57,7 persen), Megawati (57,2 persen), Prabowo Subianto (54,5 persen), Aburizal Bakrie (45,3 persen) serta Dahlan Iskan (31,6 persen).

Posisi tak jauh berbeda juga terjadi ketika responden ditanya tentang kemampuan bakal capres untuk memimpin, serta elektabilitas bakal capres berdasarkan simulasi 7 nama yang disodorkan, nama Jokowi dan Prabowo tetap teratas.(Fat/jpnn)


JAKARTA - Nama Joko Widodo dan Prabowo Subianto kembali masuk dalam posisi dua teratas tokoh paling layak dipilih sebagai calon presiden (Capres)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News