Jokowi Resmikan Bendungan Gondang

 Jokowi Resmikan Bendungan Gondang
Presiden Jokowi saat meresmikan Bendungan Gondang Karanganyar, Jawa Tengah pada Kamis (2/5). Foto : Biro Pers Setpres

jpnn.com, KARANGANYAR - Presiden Joko Widodo alias Jokowi meresmikan Bendungan Gondang di Desa Gempolan, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah pada Kamis (2/5).

Bendungan ini telah dipersiapkan sejak 2014 lalu untuk mendukung ketahanan pangan nasional, sekaligus pengendali banjir di wilayah sekitarnya.

"Bendungan ini akan mengairi kurang lebih 4.680 hektare baik sawah-sawah yang ada di Kabupaten Karanganyar maupun di Kabupaten Sragen," kata Jokowi saat peresmian bendungan tersebut.

BACA JUGA : Jokowi Resmikan Pengembangan Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya 

Bendungan yang dibangun dengan biaya Rp 657 miliar ini memiliki kapasitas tampung 9,15 juta meter kubik dengan luas genangan mencapai 43,86 hektare.

Selain sebagai sumber air irigasi dan pengendali banjir, bendungan tersebut juga akan memasok kebutuhan air baku dengan kapasitas 100 liter per detik dan memproduksi listrik sebesar 0,33 MW.

BACA JUGA : Jokowi Resmikan Tiga Kawasan Ekonomi Khusus

"Ke depan, saya melihat ini juga sangat bagus untuk tempat wisata. Semoga ini memberikan dampak ekonomi yang baik, pertumbuhan ekonomi yang baik, bagi Kabupaten Karanganyar dan sekitarnya," harap mantan wali kota Solo itu.

Bendungan Gondang telah dipersiapkan sejak 2014 lalu untuk mendukung ketahanan pangan nasional sekaligus pengendali banjir di wilayah sekitarnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News