Jokowi Resmikan Groundbreaking Pabrik Bahan Baku Baterai Terbesar di Gresik

Jokowi Resmikan Groundbreaking Pabrik Bahan Baku Baterai Terbesar di Gresik
Jokowi mengunjungi acara groundbreaking PT Hailiang Nova Material Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur, Selasa (20/6). Foto: dok Kemenko Perekonomian

jpnn.com, GRESIK - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi acara groundbreaking PT Hailiang Nova Material Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur, Selasa (20/6).

PT Hailiang Nova Material Indonesia, salah satu produsen pipa dan batang tembaga terbesar akan membangun pabrik foil tembaga dengan nilai investasi US$860 juta.

Foil tembaga sendiri digunakan sebagai pengumpul (kolektor) arus listrik di kutub negatif (anoda) baterai EV (electric vehicle).

Dengan kehadiran pabrik tersebut, KEK Gresik akan menumbuhkan ekosistem hilirisasi mineral dan electric vehicle (EV) yang menguntungkan bagi Indonesia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun mengapresiasi Hailiang yang memutuskan untuk berinvestasi di KEK Gresik, sehingga terjadi hilirisasi industri, yang menjadi salah satu kunci keberhasilan menuju Indonesia Maju 2045.

“Semua tertarik untuk berinvestasi Indonesia. Jika bisa mengintegrasikan tembaga, nikel, timah, bauksit yang kami miliki, tidak diekspor mentah tapi diolah di negeri sendiri, ini akan menghantarkan Indonesia dari negara berkembang menuju negara maju 10-15 tahun yang akan datang,” ujar Presiden Jokowi.

Dia menekankan pentingnya hilirisasi dan mulai bisa menghentikan ekspor bahan mentah ke luar negeri.

Dengan hilirisasi pemerintah memiliki banyak keuntungan yang bisa didapat, seperti royalti, pajak perusahaaan, dan biaya ekspor serta bisa menyerap lapangan pekerjaan secara masif.

Jokowi mengunjungi acara groundbreaking PT Hailiang Nova Material Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur, Selasa (20/6).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News