Jokowi Resmikan Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

Jokowi Resmikan Jalan Tol Terpanjang di Indonesia
Presiden Joko Widodo meresmikan empat ruas jalan tol di Jawa Timur pada Kamis (20/12). Kegiatan ini dipusatkan di Kabupaten Nganjuk, Jalan Tol Trans Jawa di kilometer 671. Foto: Fathra/JPNN.com

jpnn.com, LAMPUNG - Presiden Joko Widodo alias Jokowi meresmikan jalan tol terpanjang di Indonesia, Jumat (15/11). Ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung (Terpeka) yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ini membentang sepanjang 189 kilometer.

Peresmian tersebut dilakukan di Gerbang Tol Simpang Pematang, kilometer 240 Simpang Pematang Panggang, Mesuji, Lampung. Pada saat itu, hadir Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, dan Direktur Utama Hutama Karya, Bintang Perbowo.

“Tol sepanjang 189 kilometer ini adalah jalan tol terpanjang yang pernah saya resmikan. Dan kita harapkan akan disambung lagi dari Kayu Agung ke Palembang. Nantinya akan lanjut sampai Betung, Banyuasin," kata Jokowi saat peresmian Tol Terpeka.

Suami iriana itu menyebutkan bahwa jalan tol ini memiliki arti yang besar bagi penciptaan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, menciptakan perbaikan jaringan logistik yang lebih baik, sekaligus fasilitas bagi produksi pertanian maupun perkebunan.

"Artinya di sini kalau ada karet, ada sawit, ada ikan, ini akan mempercepat. Memberikan fasilitas terhadap produksi, sentra produksi yang ada," ucap Presiden ketujuh RI itu.

Selain itu, tanpa disadari masyarakat, kehadiran ruas tol ini juga membuka peluang bagi pencipataan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat, dan terwujudnya keadilan sosial.

"Jadi jalan tol bukan hanya di Jawa saja. Kita harapkan nanti dari Lampung menuju ke atas sampai di Aceh, kita perkirakan insyallah di 2024 sepanjang 2.700 kilometer akan bisa kita selesaikan," tegas Jokowi.(fat/jpnn)

Presiden Joko Widodo alias Jokowi meresmikan jalan tol terpanjang di Indonesia, Jumat (15/11).


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News