Jokowi Resmikan KA Bandara Soekarno Hatta

Jokowi Resmikan KA Bandara Soekarno Hatta
Presiden Joko Widodo. Foto: YouTube

jpnn.com, TANGERANG - Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian KA Bandara Soekarno–Hatta, Selasa (2/1). Peresmian pengoperasian KA Bandara Soekarno– Hatta ini untuk mengurangi kemacetan dari dan menuju Bandara Soekarno Hatta.

"Syukur alhamdulillah kereta api bandara bisa dioperasikan hari ini setelah tiga tahun dikerjakan," ujar Jokowi.

Selama persiapan peresmian pengoperasian tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menginstruksikan kepada seluruh pihak terkait terutama Direktorat Jenderal Perkeretaapian untuk secara intensif melakukan peninjauan dan uji coba di lapangan.

"Pada 25 Desember yang lalu, Direktur Jenderal Perkeretapian, Zulfikri, kembali melakukan peninjauan lapangan sekaligus ujicoba final dalam rangka memastikan kesiapan dan kehandalan sarana, prasarana KA Bandara Soekarno-Hatta," ujar Budi.

Selain itu, beberapa waktu sebelumnya juga telah dilakukan pengujian dan sertifikasi terhadap sarana, prasarana berikut fasilitas operasinya dan kesiapan SDM.

"Pada awal Desember 2017, sarana KA Bandara Soekarno– Hatta telah dijalankan secara ujicoba tanpa membawa penumpang. Kemudian pada 24-25 Desember 2017, sarana KA Bandara Soekarno-Hatta telah dijalankan penuh sebanyak 42 KA per hari, sebagai ujicoba final dengan fokus terhadap penyesuaian jadwal perjalanan serta ketepatan waktu. Selanjutnya, pada 27 Desember 2017, telah dilakukan soft launching KA Bandara Soekarno-Hatta dengan tarif promo Rp. 30 ribu per penumpang," jelasnya.

Pada awal pengoperasian, KA Bandara Soekarno-Hatta akan melayani penumpang dari Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

Setiap harinya disiapkan 42 perjalanan KA dengan headway 60 menit. Jadwal keberangkatan dari Stasiun Sudirman Baru mulai pukul 03.51 WIB dan keberangkatan akhir pukul 21.51 WIB.

Selama persiapan peresmian pengoperasian tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menginstruksikan kepada seluruh pihak terkait untuk melakukan uji coba.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News