Jokowi Resmikan Penggunaan BBM B30 dengan Campuran Minyak Kelapa Sawit

Jokowi Resmikan Penggunaan BBM B30 dengan Campuran Minyak Kelapa Sawit
Presiden Jokowi didampingi sejumlah pejabat memberikan penjelasan mengenai implementasi Program B30 di SPBU Pertamina Jalan MT Haryono Jakarta, Senin (23/12). Foto: Antara/Agus Salim.

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan implementasi program biodiesel 30 persen atau B30 di SPBU Pertamina MT Haryono, Jakarta Selatan pada Senin (23/12).

Biodiesel B30 merupakan bahan bakar minyak (BBM) jenis Solar dengan campuran 30 persen minyak mentah kelapa sawit. Program ini merupakan pengembangan dari implementasi B20 yang sudah lebih dulu digunakan.

"Setelah urusan kilang petrokimia selesai, hari ini saya ingin betul-betul memonitor secara khusus dari hari ke hari, bulan ke bulan untuk implementasi program B30. Setelah B20 sekarang kita masuk ke B30," ucap Jokowi dalam sambutannya.

Mantan gubernur DKI Jakarta ini pun memastikan program ini tidak akan berhenti pada B30, tetapi harus terus ditingkatkan karena pemerintah menargetkan terwujudnya penggunaan B100.

"Bagi saya tidak cukup ke B30. Tadi saya sudah perintah lagi kepada menteri dan dirut Pertamina untuk masuk nanti tahun depan ke B40 dan awal 2021 masuk juga ke B50," tegas Presiden ketujuh RI ini.(fat/jpnn)

 

B30 dengan campuran 30 persen minyak mentah kelapa sawit adalah pengembangan dari implementasi B20 yang sudah lebih dulu digunakan.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News