Jokowi Sambut Baik Bantuan Sinar Mas dan Astra Untuk Undip

Jokowi Sambut Baik Bantuan Sinar Mas dan Astra Untuk Undip
Presiden Jokowi. Ilustrasi Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Jokowi menyebutkan peran pendidikan vokasi paling utama dalam strategi pengembangan SDM unggul.

Itu sebabnya perguruan tinggi harus memiliki ekosistem pembelajaran yang baik, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan potensial untuk mengembangkan inovasi. 

Selain itu industri harus memberikan akses bagi mahasiswa untuk magang paling tidak selama satu semester.

"Kapasitas SDM harus ditingkatkan agar lebih produktif dan lebih kompetitif, dan pendidikan vokasi menempati posisi penting dalam strategi pengembangan SDM," kata Jokowi saat meresmikan Gedung Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (Undip) secara virtual, Rabu (26/8).

Presiden berpandangan krisis kesehatan dan ekonomi yang melanda dunia, termasuk Indonesia saat ini, harus dijadikan momentum untuk mengejar ketertinggalan.

Selain itu, juga momentum untuk menyelesaikan masalah-masalah fundamental yang dimiliki dan momentum untuk melaksanakan serta mempersiapkan strategi besar terutama di bidang pengembangan SDM.

"Di saat puncak bonus demografi sekarang ini di mana usia kerja mendominasi proporsi penduduk Indonesia, peluang kerja harus disediakan sebanyak-banyaknya," terang Jokowi yang didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Dalam pengembangan SDM, lembaga pendidikan tinggi tentu menempati posisi yang sangat sentral.

Presiden Jokowi menyebutkan pendidkan vokasi menjadi paling utama dalam membangun SDM unggul.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News