Jokowi: Saya Kaget Sekali Tahu-tahu Bandaranya Sudah Jadi

Jokowi: Saya Kaget Sekali Tahu-tahu Bandaranya Sudah Jadi
Presiden Jokowi meresmikan terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. Foto dok Humas AP I

jpnn.com, SEMARANG - Presiden Jokowi memuji arsitektur Bandara Internasional Ahmad Yani yang menerapkan konsep eco-green airport serta lingkungan yang indah karena terdapat rawa dan tambak.

"Secara arsitektur Bandara Internasional Ahmad Yani merupakan bandara yang bagus, lingkungannya cantik dan lalu lintas kendaraannya juga enak. Saya kaget sekali karena tahu-tahu bandaranya sudah jadi, padahal saat pembangunannya saya tidak pernah kunjungi," kata Jokowi.

Sementara, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan mendapatkan motivasi dari presiden dalam pembangunan Bandara Internasional Ahmad Yani ini membuat target pembangunan selesai lebih cepat, sehingga bisa dipakai untuk angkutan lebaran 2018.

"Dalam keseharian motivasi yang diberikan bapak Presiden kepada kami membuat kerja sama kami dengan BUMN dapat menyelesaikan pembangunan bandara ini lebih cepat dari target yang diberikan, sehingga bisa melayani masyarakat dalam angkutan lebaran tahun ini," ucap Budi.

Lebih lanjut Budi menjelaskan Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani memiliki luas 58.652 M2 dan diperkirakan bisa menampung penumpang sebanyak 6,9 juta penumpang per tahun. Luas terminal baru tersebut sembilan kali lebih besar dari terminal yang lama.

"Dari sisi darat terminal baru ini memiliki luas 58.652 M2 dan diperkirakan dapat menampung penumpang sebanyak 6,9 juta penumpang/tahun, jika dibandingkan dengan terminal yang lama 9 kali lebih besar yang memiliki luas 6.708 M2 dengan daya tampung 800.000 penumpang/tahun," terang Budi.

Sedangkan dari sisi udara Bandara Internasional Ahmad Yani memiliki luas apron 72.522 M2, sehingga bisa menampung 12 parking stand untuk pesawat narrow body.(chi/jpnn)


Target pembangunan Terminal baru bandara Ahmad Yani selesai lebih cepat, sehingga bisa dipakai untuk angkutan lebaran 2018.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News