Jokowi Siapkan Langkah-Langkah Atasi Bencana Kekeringan

Jokowi Siapkan Langkah-Langkah Atasi Bencana Kekeringan
Presiden Joko Widodo. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan jajarannya untuk segera menangani bencana kekeringan yang tengah melanda sebagian Jawa dan Nusa Tenggara.

Dalam rapat kabinet terbatas pada Selasa (12/9) di Kantor Presiden, Jokowi mengatakan berdasarkan laporan BMKG, kondisi kekeringan tahun ini tidak seperti 2015 di mana ada elnino.

"Walaupun demikian beberapa daerah sudah tidak mengalami hujan berturut-turut lebih dari 60 hari, lebih dari dua bulan bahkan sebagian daerah di Pulau Jawa saat ini sedang mengalami puncak musim kemarau," kata Presiden.

Masih mengacu data BMKG, musim hujan diprediksi di sebagian besar daerah baru akan terjadi pada akhir Oktober atau November 2017.

"Saya minta semua menteri dan lembaga terkait serta para gubernur untuk benar-benar melihat kondisi yang ada di lapangan, dan segera melakukan langkah-langkah penanggulangan bencana kekeringan ini," tegas Jokowi.

Untuk jangka pendek, dia meminta agar air bersih segera disalurkan kepada masyarakat yang dilanda dampak kekeringan. Termasuk suplai air untuk pertanian.

"Dalam dua tahun terakhir ini kita sudah banyak membangun bendungan, waduk dan embung-embung di desa-desa untuk menghadapi situasi seperti ini. Saya harapkan ini juga bisa membantu," ucap mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Dia menambahkan, ketersediaan bahan pangan di daerah terdampak kekeringan juga harus diantisipasi, sehingga stabilitas harga tetap terjaga.(fat/jpnn)


Presiden Joko Widodo menginstruksikan jajarannya untuk segera menangani bencana kekeringan yang tengah melanda sebagian Jawa dan Nusa Tenggara.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News