Jokowi Tegaskan Sikap Indonesia Terhadap Korea Utara

Jokowi Tegaskan Sikap Indonesia Terhadap Korea Utara
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. Foto: AFP

jpnn.com, BOGOR - Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan istri Kim Jung-sook dijamu oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Kamis (9/11).

Kedatangan Presiden Moon ke Indonesia, menandai kunjungan pertamanya ke negara-negara ASEAN setelah dilantik pada Mei 2017 lalu.

Selain membicarakan peningkatan kerja sama kedua negara, pertemuan kedua pemimpin ini juga mebicarakan isu Semenanjung Korea. Jokowi -sapaan Joko Wododo- pun menegaskan sikap Indonesia kepada Presiden Moon.

"Kita juga membahas perkembangan di Semenanjung Korea. Saya menekankan posisi Indonesia yang mendesak agar Korea Utara mematuhi semua Resolusi Dewan Keamanan PBB terkait denuklirisasi Semenanjung Korea dan menghentikan uji coba peluncuran balistik misil," ungkap Jokowi dalam pernyataan persnya.

Di sisi lain, mantan gubernur DKI Jakarta ini juga menghargai posisi Presiden Moon yang masih membuka kemungkinan penyelesaian konflik di Semenanjung Korea melalui dialog. Sikap Indonesia ini pun diapresiasi oleh Moon.

"Saya terimakasih atas dukungan Presiden Jokowi untuk penyelesaian masalah korea Utara secara damai, perdamaian Semenanjung Korea secara permanen," ujar Moon.(fat/jpnn)


Pernyataan sikap Indonesia pada Korea Utara disampaikan di hadapan Presiden Korsel


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News