Jokowi Terima Kunjungan Petinggi Prancis, Bahas Apa?

Jokowi Terima Kunjungan Petinggi Prancis, Bahas Apa?
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Menteri Urusan Eropa dan Luar Negeri (Menlu) Prancis Jean-Yves Le Drian di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (24/11).

Dalam kesempatan tersebut, pria yang akrab disapa Jokowi itu membahas sejumlah isu untuk memperkuat hubungan kedua negara.

Presiden Jokowi menyampaikan 5 poin utama terkait hubungan kedua negara.

"Pertama, saya setuju kami tingkatkan komunikasi tahun depan. Indonesia akan menjadi Ketua G20 dan Prancis akan menjadi Presiden Uni Eropa," kata Presiden Jokowi.

Kedua, eks Gubernur DKI Jakarta itu berharap negosiasi perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif atau Comprehensive Economic Partnership Agreement_ (CEPA) antara Indonesia dengan Uni Eropa akan dipercepat dan mendapatkan hasil yang konkret.

Selanjutnya, Presiden Jokowi menginginkan Prancis menjadi mitra Indonesia dalam memperjuangkan perdagangan yang terbuka, adil, dan nondiskriminatif.

"Saya sangat mendukung perdagangan yang sustainable. Tetapi saya keberatan jika isu lingkungan disalahgunakan untuk dijadikan hambatan perdagangan," jelasnya.

Keempat, Presiden Jokowi menyambut baik peningkatan kemitraan dengan adanya mekanisme dialog yang baru, yaitu pertemuan 2 2 (Menteri Luar Negeri-Menteri Pertahanan) antara kedua negara.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi menerima kunjungan Menteri Urusan Eropa dan Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian, Rabu (24/11).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News