Jokowi Tersenyum, Mantan Timses Prabowo Dijagokan Jadi Menkopolhukam

Jokowi Tersenyum, Mantan Timses Prabowo Dijagokan Jadi Menkopolhukam
Jokowi Tersenyum, Mantan Timses Prabowo Dijagokan Jadi Menkopolhukam

jpnn.com - JAKARTA - Indonesian Research and Survey (IReS) para 21 Agustus hingga 3 September lalu menggelar survei tentang nama-nama yang difavoritkan untuk duduk sebagai menteri di kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) nanti.

Untuk posisi menteri koordinator bidang politik, hukum dan keamanan (menkopolhukam), mundul lima nama yang semuanya pensiunan TNI, yakni  Djoko Santoso, Ryamizard Ryacudu, Tedjo Edhi Purdijatno, Pramono Edhie Wibowo dan Fahrul Razi.

Menariknya, nama Djoko Santoso berada di posisi teratas berdasarkan survei IReS terhadap 600 responden itu. Padahal, Djoko yang juga mantam Panglima TNI sebelumnya dikenal sebagai anggota tim pemenangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa pada pemilu presiden lalu.

"Jend (Purn) Djoko Santoso masuk dalam tiga kriteria, ada yang mengusulkan dan memang punya track record. Tapi yang menetukan dalam survey ini adalah responden, bukan pilihan IReS," ujar  Usamah Hisyam, pendiri IReS saat merilis hasil survei bertajuk “Calon Menteri-Menteri Kabinet Jokowi-JK" di Hotel Sahid Jakarta, Senin (15/9).

Dari surbei IReS itu terjaring 190 nama kandidat menteri. Usamah bahkan mengaku sudah menyodorkan nama-nama hasil survei IReS itu ke Jokowi yang kini menyangdang status sebagai presiden terpilih.

Lantas apa respon Jokowi saat melihat nama Djoko Santoso difavoritkan menjadi calon Menkopolhukam? “Ketika membuka halaman Menkopolhukam, beliau (Jokowi, red) tersenyum saja," ungkap Usamah.(fat/jpnn)


JAKARTA - Indonesian Research and Survey (IReS) para 21 Agustus hingga 3 September lalu menggelar survei tentang nama-nama yang difavoritkan untuk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News