Jokowi Tunjuk Kepala Lemsaneg untuk Pimpin Badan Siber

Jokowi Tunjuk Kepala Lemsaneg untuk Pimpin Badan Siber
Presiden Joko Widodo. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) akhirnya punya kepala. Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik Mayor Jenderal Djoko Setiadi sebagai kepala BSSN.

Prosesi pelantikan terhadap Djoko digelar di Istana Negara, Rabu (3/1). Sebelumnya, Djoko merupakan kepala Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg).

Jokowi dalam sambutannya saat melantik Djoko menyatakan, BSSN merupakan badan yang sangat penting. “Dan ke depannya sangat diperlukan oleh negara terutama dalam mengantisipasi perkembangan dunia siber yang pertumbuhannya cepat sekali," ucapnya.

BSSN dibentuk berdasar Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 53 Tahun 2017. Selanjutnya, Presiden Jokowi pada 16 Desember lalu mengeluarkan Perpres Nomor 133 Tahun 2017 yang merevisi perpres pembentukan BSSN.

Berdasar perpres terbaru itu, BSSN langsung bertanggung jawab kepada presiden. Sedangkan pelantikan Djoko sebagai kepala BSSN merujuk pada Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 130/P Tahun 2017.

Merujuk keppres itu maka Djoko diberhentikan dari posisi kepala Lemsaneg untuk diangkat menjadi kepala BSSN. Hadir pada acara pelantikan itu antara lain Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua MPR Zulkifli Hasan dan para menteri Kabinet Kerja.(fat/jpnn)


Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik Mayor Jenderal Djoko Setiadi sebagai kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Djoko sebelumnya kepala Lemsaneg.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News