Jokowi Ungkap Alasan Tunjuk Wiranto Jadi Ketua Wantimpres

Jokowi Ungkap Alasan Tunjuk Wiranto Jadi Ketua Wantimpres
Presiden Joko Widodo menyalami Ketua Wantimpres 2019-2024 Wiranto di Istana Negara, Jumat (13/12). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan alasannya menunjuk Wiranto sebagai ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) salah satunya karena mantan Panglima ABRI itu berpengalaman di pemerintahan.

"Pak Wiranto kan track record dan pengalamannya saya kira sudah panjang di pemerintahan, menangani banyak masalah. Memberi nasihat dan pertimbangan kepada presiden," ucap Jokowi usai melantik 9 anggota Wantimpres di Istana Negara, Jakarta, Jumat (13/12).

Pertimbangan yang sama juga menjadi alasan suami Iriana itu memilih delapan anggota Wantimpres lainnya. Bagi Jokowi, rekam jejak mereka di bidang masing-masing, kapabilitas hingga integritasnya juga dilihat.

"Saya kira beliau-beliau ini memiliki kapasitas untuk memberikan nasihat dan pertimbangan kepada presiden baik diminta ataupun tidak diminta," jelas mantan wali kota Solo ini.

Dari sembilan anggota Wantimpres pilihan Jokowi, mereka berasal dari berbagai latar belakang seperti sosial, agama, ekonomi dan lainnya.

BACA JUGA: Berita Duka, Kolonel Pnb Muhammad Arwani Meninggal Dunia, Kami Ikut Berbelasungkawa

"Ini kan (pengalaman) di bidang masing. Ada yang berkaitan dengan sosial, keagamaan, ekonomi. Misalnya Pak Dato Tahir berkaitan dengan ekonomi," tandas Presiden.(fat/jpnn)

 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan alasannya menunjuk Wiranto sebagai ketua Dewan Pertimbangan Presiden salah satunya karena mantan Panglima ABRI itu berpengalaman di pemerintahan.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News