Josep Maria Bartomeu Terpilih Kembali Sebagai Presiden Barca

Josep Maria Bartomeu Terpilih Kembali Sebagai Presiden Barca
Josep Maria Bartomeu

jpnn.com - PALU sudah diketuk. Josep Maria Bartomeu menjadi pemenang pemilih presiden baru Barca. Suporter Barcelona sepakat bulat kalau uang yang berlimpah, lebih penting daripada kemerdekaan bangsa Catalan dan pengembangan La Masia. 

Terpilihnya sang incumbent, Josep Maria Bartomeu menjadi presiden Barcelona memang tidak mengejutkan. Hasil voting yang dilakukan di Camp Nou, Sabtu kemarin (18/7), menyatakan dia meraup suara sampai 54,63 persen. 
      
Unggul jauh atas Joan Laporta yang hanya meraup 33,03 persen suara. Lantas peringkat ketiga ditempati Agusti Benedito dengan 7,16 persen suara, dan Toni Freixa 3,7 persen suara.

Dilansir dari Marca, dari 109.367 anggota klub yang berhak memberikan suara, hanya 47.720 yang datang memberikan vote. Luis Enrique, Gerard Pique, Andres Iniesta, Carles Puyol dan Xavi Hernandez turut datang memberikan suaranya.

Meski sebagai incumbent, Bartomeu baru menjabat presiden dari tahun 2014. Mundurnya Sandro Rosell yang tersandung kasus hukum transfer Neymar membuatnya naik menjabat Barcelona 1. Kemenangan pada pemilihan ini membuatnya akan menjabat presiden Barcelona hingga 2021.

Sosok ini lekat dengan rezim Sandra Rossel. Banyak kasus yang melekat dengannya, mulai dari transfer Neymar yang janggal, pembelian pemain di bawah umur hingga pengemplangan pajak yang kini diusut pengadilan Spanyol. 

"Sedang disidang karena tuduhan korupsi, pengemplang pajak, dan penipuan, ia tidak dalam posisi yang tepat untuk terpilih sebagai presiden klub," kritik legenda Belanda dan Barca, John Cruyff. Wajar saja Cruyff melontar kritik sepedas itu mengingat dia dikenal dekat dengan John Laporta.

Kemenangan Bartomeu ini disikapi sebagian Cules dengan rasa duka. Dilansir dari Eurosport, fans Barca merasa Bartomeu lekat dengan rezim Sandra Rossel yang mudah menggadaikan identitas klub untuk uang semata. Masuknya Qatar dan banyaknya bibit La Masia yang dijual jadi sebabnya. 

Dalam kampanyenya, Bartomeu menjanjikan dia tak akan melepas kerjasama dengan Qatar yang membuat Barca dapat gelontoran uang 650 juta euro per musim. Temuan pelanggaran HAM terhadap para pekerja dalam pembangunan stadion demi menyambut piala dunia 2022 yang dilakukan Qatar diabaikan begitu saja oleh Bartomeu."Harusnya Barca memiliki daya tawar yang lebih untuk menyikapi kasus ini," ucap Batiste, salah seorang pentolan fans Barca.

PALU sudah diketuk. Josep Maria Bartomeu menjadi pemenang pemilih presiden baru Barca. Suporter Barcelona sepakat bulat kalau uang yang berlimpah,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News