JTD Siap Garap Jalur Semanan - Sunter

JTD Siap Garap Jalur Semanan - Sunter
JTD Siap Garap Jalur Semanan - Sunter

jpnn.com - GAMBIR - Proyek enam ruas jalan tol siap digarap pada Juni tahun depan. PT Jakarta Tollroad Development (JTD) mengebut persiapan teknis. Sebagai kompensasi, PT JTD menerima syarat dari pemprov agar menyediakan lajur khusus busway.

Kepala Humas PT JTD Ngurah Wirawan menjelaskan, persiapan-persiapan untuk memulai konstruksi fisik proyek tersebut terus dilengkapi. Sesuai rencana kerja, studi detail engineering design (DED) tuntas tiga bulan lagi.

Pada tahap itu, tim ahli perusahaan akan menyusun jenis konstruksi fisik yang dipakai. Misalnya, kedalaman tiang beton, ukuran beton fondasi, dampak konstruksi terhadap kemacetan, hingga jenis material yang akan digunakan. Sebab, hampir seluruh jalur tol dibangun secara layang (elevated). Pada Februari hingga Maret 2015, proyek itu masuk tahap tender, lalu April sampai Mei negosiasi dan perjanjian kerja sama dengan pemenang tender ditandatangani.

"Juni tahun depan baru kami mulai konstruksi fisiknya,’’ ujarnya Sabtu (4/10).

Jalur Semanan - Sunter menjadi koridor pertama yang dikerjakan. Panjang koridor itu mencapai 20 kilometer dengan nilai proyek Rp 9,76 triliun. Lalu dilanjutkan dengan koridor Sunter - Pulogebang sepanjang 9,44 kilometer dengan nilai investasi Rp 6,95 triliun.

’’Total biaya untuk dua koridor pertama itu Rp 16 triliun lebih dan target pengerjaanya 2,5 tahun,’’ katanya.

Sebetulnya, rencana pembangunan 6 koridor bisa saja dimulai sekaligus. Tapi, hal itu tidak mudah. Pemerintah pusat dan Pemprov DKI harus menjamin bahwa lahan yang akan dipakai tidak bermasalah. Dengan begitu, pengerjaan koridor lain bisa lancar. Masalah lahan juga memengaruhi verifikasi pemenang tender. Artinya, bila persoalan lahan tidak terkendala, pihaknya juga berkeinginan agar pemenang tender merupakan perusahaan yang penawarannya rendah, tapi menjamin kualitas konstruksi.

’’Kalau masalah lahan beres, kami juga bisa cari kontraktor yang kerjanya lebih efisien. Dengan begitu kita bisa segera memulai di koridor lain juga,’’ katanya.

GAMBIR - Proyek enam ruas jalan tol siap digarap pada Juni tahun depan. PT Jakarta Tollroad Development (JTD) mengebut persiapan teknis. Sebagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News