Jual Jatah Bagasi Bisa Dapat Tiket Citilink

Jual Jatah Bagasi Bisa Dapat Tiket Citilink
Bagasi pesawat. Foto: FoxNews

jpnn.com, JAKARTA - PT TIPS Inovasi Indonesia mengandeng Citilink Indonesia, PT Angkasa Pura II, PT. Angkasa Pura Logistik dan PT Angkasa Pura Kargo untuk pemanfaatan bagasi penumpang.

Inovasi ini dilakukan didasari karena setiap penumpang penerbangan domestik biasanya jarang memanfaatkan jatah bagasi 15-20 kg yang mereka miliki.

Para penumpang biasanya lebih memilih membawa barang ke dalam pesawat karena lebih praktis dan tidak mau lama menunggu barang bagasi datang.

Di sisi lain, pertumbuhan nilai transaksi e-commerce di Indonesia mencapai 78 persen per tahun, tertinggi di dunia saat ini, yang memunculkan kebutuhan jasa pengiriman sekitar 80 juta paket per bulan.

"Hal inilah yang menginspirasi TIPS untuk meluncurkan aplikasi TIPS, sebuah platform digital yang memanfaatkan jatah bagasi penumpang yang tidak terpakai untuk mengirimkan barang antar kota secara cepat dan aman, serta tiba di tujuan di hari yang sama," ujar Vincent Kusuma CEO PT TIPS Inovasi Indonesia.

Nantinya lewat aplikasi TIPS Inovasi yang tersedia di Android dan iOS, penumpang yang memiliki jatah bagasi yang tidak terpakai bisa memperoleh insentif dengan berbagi bagasi tersebut.

"Dengan begitu secara tidak langsung, biaya penerbangan bagi penumpang menjadi lebih terjangkau," tutur dia.

Penumpang yang berhasil 'menjual' bagasinya bisa ditukarkan dengan tiket Citilink. Selama promo TIPS menghargai 1 Kg Rp 10 ribu.

"Misalnya 1 Kg Rp 10 ribu dan yang mau nitip barang 20 Kg, tinggal dikalikan saja, bisa sampai Rp 200 ribu. Nanti kalau sudah cukup saldonya bisa ditukar dengan tiket pesawat Citilink," jelas dia.

Setiap penumpang penerbangan domestik biasanya jarang memanfaatkan jatah bagasi 15-20 kg yang mereka miliki.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News