Jual Rumah, Promo Keliling tanpa Pemain

Jual Rumah, Promo Keliling tanpa Pemain
Foto: Boy Slamet/Jawa Pos
MEMBUAT film adalah sebuah kenekatan yang dilakukan oleh Opick. Pelantun tembang Tombo Ati itu tidak berniat mengembalikan modal. Dia hanya ingin memberikan tontonan yang sesuai dengan syariat di antara derasnya penayangan film anak negeri yang dibumbui horor campur pornografi.

Film berjudul Di Bawah Langit karya Opick dilempar ke pasaran sejak pekan lalu. Menurut pria kelahiran 16 Maret 1974 itu, film yang dibintangi Inneke Koesherawati dan Agus Kuncoro tersebut sudah ditonton lebih dari 3 ratus ribu orang. Capaian itu membuatnya senang. "Nggak nyangka, film saya bisa ditonton orang sebanyak itu," ujarnya saat bertandang ke redaksi Jawa Pos Surabaya kemarin (24/3).

Pada proyek perdana tersebut, Opick nyaris mengerjakan semuanya sendiri. Mulai jadi produser, sutradara, penata lagu, sampai pemain. Meski begitu, dia tidak mengalami kesulitan teknis. Semua itu telah dia pelajari secara otodidak. "Bidang penyutradaraan bukanlah hal yang susah. Sering menonton film saja, pasti tahu cara mencari angle yang tepat," ujar pemilik nama lengkap Ainur Rofiq Lil Firdaus tersebut.

Menjadi pemain di film yang digarap sendiri juga memberikan kesenangan bagi Opick. "Lebih gampang karena nggak ada yang mengatur atau memarahi," ungkap dia.  Soal teknis tidak menjadi kendala. Tapi, biaya menjadi masalah. Syuting bisa selesai dalam tiga minggu, tapi film itu harus tertahan hingga delapan bulan sebelum akhirnya tayang. "Harus bayar biaya pascaproduksi, editing, penggandaan film, sampai promosi. Lumayan besar jumlahnya," tutur bintang iklan sejumlah produk tersebut. Untuk menutup biaya itu, Opick sampai menjual satu rumahnya. Meski begitu, Opick tak menyesal sedikit pun. Keyakinannya membuat film layak tonton dari segi agama telah bulat.

MEMBUAT film adalah sebuah kenekatan yang dilakukan oleh Opick. Pelantun tembang Tombo Ati itu tidak berniat mengembalikan modal. Dia hanya ingin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News