Juara Gala Siswa Indonesia Dikirim ke Kandang Juventus

Juara Gala Siswa Indonesia Dikirim ke Kandang Juventus
Mendikbud Muhadjir Effendy menyaksikan penyerahan hadiah kepada pemenang Gala Siswa Indonesia. Foto: Foto Humas Kemendikbud

jpnn.com, JAKARTA - Pertandingan Sepak Bola Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP Tingkat Nasional yang berlangsung sejak 8 Oktober 2018 mengantarkan Provinsi Jawa Timur sebagai juara. Ini setelah Jatim berhasil mengalahkan Provinsi Banten melalui adu penalti dengan skor 4 -3, setelah pada waktu normal bermain imbang 0-0.

Juara ketiga diraih Provinsi Jawa Tengah setelah mengalahkan Provinsi DKI Jakarta dengan skor 3-0.

“Saya mengucapkan selamat kepada para pemenang, kalian semua adalah juara. Alhamdulillah, segala puji dan syukur atas prestasi para siswa Indonesia yang telah memperlihatkan talentanya di bidang sepakbola pada ajang kompetisi perdana atau pertama kalinya diselenggarakan Gala Siswa Indonesia SMP tingkat nasional,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, pada penutupan GSI tahun 2018, di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Sabtu (20/10).

Muhadjir mengaku bangga dengan penampilan atlet GSI yang tidak kalah dengan pemain klub internasional. Semuanya akan menembus kelas dunia.

Muhadjir berkomitmen, GSI akan menjadi pertandingan musiman yang diselenggarakan setiap tahun. Dia berharap tahun depan acaranya lebih meriah, terorganisir, dan lebih berprestasi.

Para peserta GSI SMP Tingkat Nasional mendapatkan beasiswa bakat dan prestasi masing-masing sebesar Rp 3 juta dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sedangkan untuk kategori penjaga gawang terbaik, pemain belakang terbaik, gelandang terbaik, pemain penyerang terbaik, dan pelatih terbaik, masing-masing mendapat hadiah uang sebesar Rp 5 juta. Untuk pencetak gol terbanyak mendapatkan hadiah sebesar Rp 15 juta.

Selanjutnya, provinsi peraih juara pertama mendapatkan hadiah sebesar Rp150 juta, juara kedua sebesar Rp100 juta, juara ketiga sebesar Rp50 juta, dan juara keempat sebesar Rp25 juta.

Jatim berhasil meraih juara Gala Siswa Indonesia, setelah mengalahkan Provinsi Banten melalui adu penalti dengan skor 4 -3.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News