Juara Grup A, Uruguay Samai Rekor Argentina di PD 1998

Juara Grup A, Uruguay Samai Rekor Argentina di PD 1998
Edinson Cavani (21) menutup gol Uruguay ke gawang Rusia. Foto: AFP

jpnn.com, SAMARA - Uruguay memastikan diri menjadi juara Grup A Piala Dunia 2018, usai melibas tuan rumah Rusia 3-0 di Samara Arena, Senin (25/6) malam WIB.

Gol pertama juara dunia 1930 dan 1950 itu lahir dari Luis Suarez pada menit ke-10, disusul bunuh diri Denis Cheryshev di menit ke-23 dan ditutup donasi Edinson Cavani pada menit ke-90.

Rusia sendiri menyelesaikan pertandingan dengan sepuluh pemain setelah Igor Smolnikov mendapat kartu kuning kedua di menit ke-36.

Kemenangan ini mengantar Uruguay sah menjadi juara grup dengan koleksi poin sempurna, sembilan, hasil tiga kali main tiga kali menang. Di matchday pertama, Uruguay menang 1-0 atas Mesir dan 1-0 juga atas Arab Saudi di matchday 2.

Uruguay pun mencatatkan diri sebagai tim pertama yang memenangi tiga pertandingan grup Piala Dunia dengan tiga kemenangan tanpa sekali pun kebobolan, sejak 1998. Ya, saat Piala Dunia digelar di Prancis '98, Argentina juga berhasil menjadi juara grup dengan tiga kali main, tiga kali menang tanpa kebobolan.

Di partai pertama, Argentina menang 1-0 atas Jepang, 5-0 atas Jamaika dan 1-0 atas Kroasia. Kemudian di 16 Besar, Argentina menyingkirkan Inggris lewat adu penalti dan akhirnya kandas di perempat final dari Belanda.

Bagaimana dengan Uruguay 2018? Di 16 Besar, Suarez cs masih menunggu peringkat kedua dari Grup B (Spanyol, Portugal, atau Iran). Sementara Rusia di yang berstatus runner-up Grup A, di 16 Besar akan meladeni juara Grup B (Spanyol, Portugal atau Iran).

Sementara itu, di laga lain Grup A yang bersamaan dengan Uruguay vs Rusia, Arab Saudi menang atas Mesir 2-1. Kemenangan itu membuat Arab berada di posisi ketiga, dan Mesir sebagai juru kunci. (oj/adk/jpnn)


Sebagai juara Grup A, Uruguay akan berhadapan dengan peringkat kedua Grup B di 16 Besar Piala Dunia 2018.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News