Jubir Jokowi-JK Harapkan Prabowo-Hatta Terhibur Survei Palsu

Jubir Jokowi-JK Harapkan Prabowo-Hatta Terhibur Survei Palsu
Jubir Jokowi-JK Harapkan Prabowo-Hatta Terhibur Survei Palsu

jpnn.com - JAKARTA - Survei abal-abal yang dipalsukan dari Gallup International untuk mengunggulkan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa membuat kubu Joko Widodo-Jusuf Kalla tertawa. Pasalnya, hasil survei yang sebenarnya dari pemilu presiden di Amerika Serikat saat Barack Obama mengalahkan John McCain itu memang menggelikan.

Menurut Juru Bicara Tim Pemenangan Jokowi-JK, Hasto Kristiyanto, survei hasil editan yang kemudian diunggah ke laman khusus jurnalisme warga di portal berita internasional itu memang benar-benar menjadi hiburan bagi kubu Prabowo-Hatta. Sebab, kata Hasto, anggota Tim Sukses Prabowo-Hatta maupun pendukungnya memang menyebarkan survei abal-abal itu melalui pesan berantai.

“Anggap saja survei Gallup yang dimodifikasi itu hiburan buat sana (Prabowo-Hatta, red). Dan itu memang menjadi hiburan tersendiri di tengah berbagai hasil lembaga survei kredibel di dalam negeri yang selalu menggunggulkan Jokowi," kata Hasto, Rabu (25/6).

Hasto bahkan mengaku ikut terhibur dengan hasil survei yang dipalsukan itu. Sebab, justru akhirnya malah kubu Prabowo-Hatta jadi bulan-bulanan di media sosial karena strategi yang digunakan malah menjadi blunder.

“Modifikasi survei yang maksudnya untuk membesarkan hati Prabowo-Hatta tapi malah di-bully (dicerca, red). Bukannya semangat menang yang terasa, berbagai tertawaan untuk membangun persepsi menang pun menjadi sirna," sambungnya.

Namun yang lebih disayangkan, kata Hasto, hasil survei yang dimodifikasi itu dijadikan bahan berita oleh sebuah televisi swasta yang dikenal pendukung Prabowo-Hatta. Bahkan, kata Hasto, berita itu diulang-ulang tanpa konfirmasi terlebih dulu ke pihak Gallup.  

Sebelumnya, sebuah hasil survei yang diklaim berasal dari Gallup Indonesia Poll dikabarkan menempatkan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa mengantongi suara mayoritas pemilih. Duet calon presiden usungan Koalisi Merah Putih itu disebut mengungguli pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Disebutkan, survei yang dilakukan pada 10-21 Juni itu menempatkan Prabowo dengan elektabilitas 52 persen. Sedangkan kompetitornya, Joko Widodo alias Jokowi berada di posisi 41 persen dan pemilih yang belum menentukan pilihan ada 6 persen.

JAKARTA - Survei abal-abal yang dipalsukan dari Gallup International untuk mengunggulkan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa membuat kubu Joko Widodo-Jusuf

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News