Jumat Muda

Oleh Dahlan Iskan

Jumat Muda
Dahlan Iskan usai salat jumatan di Hangzhou, Tiongkok, Jumat (19/7). foto: disway.id

jpnn.com - Minggu besok demo besar-besaran lagi di Hong Kong. Demo hari ke-37. Masih topik yang sama: agar RUU ekstradisi dicabut.

Saya pun tiba di Tiongkok lagi. Dari Amerika. Tidak mampir Hong Kong.

Kemarin saya salat Jumat di Kota Hangzhou. Di masjid besar. Dan megah. Yang baru selesai dibangun tiga tahun lalu. Menggantikan masjid lama yang kecil. Yang kalau Jumat mengganggu lalu-lintas. Meluber ke jalan raya.

Pemerintah Tiongkok membangunkan masjid baru itu. Tiga lantai. Di pusat kota. Dengan arsitektur seperti masjid di Indonesia.

Ini agak aneh. Di wilayah Tiongkok Barat pemerintah lagi sewot. Mengapa masjid-masjid menggunakan arsitektur Arab. Kurang mengedepankan arsitektur lokal.

Sampai ada masjid yang harus dibongkar. Dianggap terlalu ke-Arab-araban. Diganti dengan arsitektur lokal. Seperti masjid tua di Beijing. Atau seperti Masjid Chengho di Surabaya.

Di Hangzhou ini pun saya melihat perkembangan baru: banyak anak muda ke masjid. Seperti juga yang saya lihat di Masjid Ningxia. Atau di Qinghai. Atau di Gansu.

Beda dengan 15 atau 20 tahun lalu. Yang masjid hanya diisi orang-orang tua.

Pemerintah Tiongkok membangunkan masjid baru itu. Tiga lantai. Di pusat kota. Dengan arsitektur seperti masjid di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News