Jumlah Pasien Positif COVID-19 di Papua Terus Meningkat, Totalnya sudah Sebegini

Jumlah Pasien Positif COVID-19 di Papua Terus Meningkat, Totalnya sudah Sebegini
Pasien corona sembuh di Jayapura, Papua. Foto: Antara

jpnn.com, JAYAPURA - Jubir Satgas Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Papua dr. Silwanus Sumule mengatakan jumlah warga yang positif terjangkiti cirus corona di Papua terus alami peningkatan dan kini tercatat 137 orang.

Ia mengatakan meskipun jumlah pasien positif terus mengalami peningkatan, namun pasien yang sembuh juga meningkat.

"Saat ini tercatat 38 orang dinyatakan sembuh dan yang meninggal tetap tujuh orang dan pasien yang dirawat sebanyak 92 orang," kata Sumule.

Banyaknya pasien yang sembuh itu karena walaupun fasilitas kesehatan di Papua masih terbatas, namun karena cepat ditemukan maka penanganannya juga relatif lebih mudah.

"Pasien yang positif rata-rata ditemukan saat kondisi antara sakit ringan dan sedang hingga memudahkan tim dalam menanganinya, " kata dr. Sumule.

Sumule yang juga menjabat Sekdis Kesehatan Papua mengatakan penyebaran pandemi corona masih tetap di 11 kabupaten dan kota yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, Keerom, Sarmi, Merauke, Boven Digul, Jayawijaya, Mamberamo Tengah, Nabire, Biak, dan Kab. Mimika.

Untuk menghambat penyebaran COVID-19 masyarakat diminta ikut anjuran pemerintah yakni menggunakan masker saat keluar rumah dan menjaga jarak, serta cuci tangan.

BACA JUGA: Dukun Cabul Suruh Ibu Muda Mandi di Area Perkebunan Karet, Ternyata Cuma Modus

"Anjuran untuk jaga jarak aman harus dipatuhi oleh seluruh lapisan masyarakat," kata dr. Sumule.(antara/jpnn)

Jubir Satgas Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Papua dr. Silwanus Sumule mengatakan meskipun jumlah pasien positif terus mengalami peningkatan, namun pasien yang sembuh juga meningkat.


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News