Jumlah Penumpang Whoosh Tembus 1 Juta, Menhub Budi Bilang Begini

Jumlah Penumpang Whoosh Tembus 1 Juta, Menhub Budi Bilang Begini
Kereta Cepat "Whoosh" yang melayani rute Jakarta-Bandung. ANTARA/HO-BKIP Kemenhub

jpnn.com - JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat Kereta Cepat Whoosh sudah melayani 1.028.216 penumpang sejak dioperasikan pada 17 Oktober 2023.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi PT KCIC atas pencapaian tersebut.

Dia mengatakan bahwa Whoosh hadir untuk menjawab kebutuhan konektivitas antarwilayah yang cepat, aman, selamat, dan nyaman

"Alhamdulillah, animo masyarakat untuk menggunakan kereta cepat sangat tinggi," kata Menhub Budi dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (26/12).

Whoosh merupakan layanan kereta cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara dengan rute Jakarta-Bandung dan melayani empat stasiun, yakni Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar.

Menurut Menhub Budi, kehadiran kereta cepat telah menempatkan Indonesia melaju sejajar dengan negara maju.

"Transformasi dan inovasi yang telah diupayakan, kini telah dinikmati manfaatnya secara nyata," ungkapnya.

Menhub Budi mengungkapkan bahwa kehadiran kereta cepat tidak hanya memenuhi kebutuhan bertransportasi, tetapi juga memberikan efek berganda lainnya, di antaranya menumbuhkan titik-titik ekonomi baru, membuka lapangan pekerjaan serta adanya alih teknologi yang dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) nasional.

Menhub Budi memberi respons terkait Kereta Cepat Whoosh yang sudah melayani 1 juta lebih penumpang sejak dioperasikan pada 17 Oktober 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News