Jumlah Siswa SD Penerima Beasiswa Ditambah

Jumlah Siswa SD Penerima Beasiswa Ditambah
Jumlah Siswa SD Penerima Beasiswa Ditambah
JAKARTA — Direktur Kelembagaan TK dan SD Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas), Mudjito. menyatakan bahwa pemerintah akan menambah kuota penerima beasiswa bagi anak tidak mampu untuk tingkat SD. Menurutnya, untuk tahun ini beasiswa ini akan diberikan kepada 2,246 juta siswa.

Pada tahun 2010 ini, nominal beasiswa yang akan dibagikan sama dengan tahun lalu, yaitu Rp360.000/siswa/tahun. Mudjito menjelaskan, dana tersebut diambil dari APBN Perubahan. "Penyediaan beasiswa bagi siswa miskin jenjang SD ini akan dialokasikan ke 157 kabupaten/kota daerah tertinggal dan daerah perbatasan di 27 provinsi," ujar Mudjito di Jakarta, Kamis (3/6).

Disebutkannya, daerah yang menerima dana tersebut antara lain Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Sulawesi Barat (Sulbar), Maluku Utara (Malut), Kalimantan Barat (Kalbar) dan Papua Barat.

Mudjito mengklaim, beasiswa bagi tingkat SD yang diberikan sejak 2005 ini bermanfaat untuk menurunkan angka putus sekolah. Dirinya menggambarkan, pada 2005 angka putus sekolah mencapai 2,74 persen, turun pada 2006 pada kisaran 2,19 persen, 2007 (1,79 persen), 2008 (1,63 persen) dan pada 2009 lalu persentasenya semakin kondusif dengan 1,59 persen.

JAKARTA — Direktur Kelembagaan TK dan SD Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas), Mudjito. menyatakan bahwa pemerintah akan menambah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News