Jurus Baru Atasi Kemacetan Jakarta: Tutup 27 U-Turn, Siapkan 7 One-Way, Gaet Google

Jurus Baru Atasi Kemacetan Jakarta: Tutup 27 U-Turn, Siapkan 7 One-Way, Gaet Google
Kemacetan di salah satu ruas jalan di DKI Jakarta saat jam pulang kerja. Ilustrasi/foto: dokumen JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta bakal menutup 27 putaran balik atau u-turn di berbagai ruas jalan di ibu kota pada 2023.

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan penutupan u-turn tersebut merupakan salah satu cara untuk mengatasi kemacetan.

"Tahap awal untuk jangka mendesak (mengatasi kemacetan, red) melakukan penutupan 27 putaran," ucap Syafrin, Selasa (24/1).

Selain menutup puluhan putaran balik, Dishub DKI Jakarta juga  berencana menerapkan sistem satu arah atau one-way di 7 ruas jalan.

"Kami melaksanakan prinsip pengaturan sistem satu arah, ada tujuh ruas jalan yang sudah teridentifikasi sistem satu arah,” kata dia.

Walau begitu, anak buah Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono itu masih enggan memerinci lokasi 27 u-turn yang bakal ditutup maupun tujuh ruas jalan yang akan dijadikan one-way.

Rencana lain sebagai terobosan untuk menekan kemacetan ialah kolaborasi antara Dishub DKI dengan Google Indonesia untuk mengoptimalkan lampu pengatur lalu lintas (traffic light) dalam waktu dekat.

"Teman-teman dari Google sudah melaksanakan analisis dan evaluasi terhadap situasi dan kondisi lalu lintas di satu koridor," tambahnya.(mcr4/jpnn)


Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyiapkan sejumlah rencana untuk mengatasi kemacetan, di antaranya ialah menutup u-turn dan menerapkan one way.

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News