Jurus Mega

Oleh Dahlan Iskan

Jurus Mega
Dahlan Iskan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - TERBUKTI kebijakan khusus Bu Mega (Megawati Soekarnoputri, ketua umum PDI-Perjuangan) ampuh. Semua calon yang lewat kebijakan khususnyi berhasil terpilih.

Di Solo, Anda sudah tahu, Gibran Rakabuming Raka menang mutlak –semutlak-mutlaknya. Riak-riak di PDI-Perjuangan Solo tidak mengganggu sama sekali.

Di Surabaya, calon yang dipilih Bu Risma juga menang. Demikian juga di Banyuwangi: calon yang diajukan Bupati Abdullah Azwar Anas juga menang mutlak.

Bu Mega kali ini memang punya kebijakan khusus. Itu terkait dengan prestasi besar dua kepala daerah: Wali Kota Risma di Surabaya dan Bupati Anas di Banyuwangi.

Bu Mega sangat bangga pada dua orang itu. Sebagai kepala daerah yang bisa membawa nama harum PDI-Perjuangan. Nama dua orang itu begitu sering disebut Bu Mega di depan publik.

Maka sebagai penghargaan khusus kepada keduanya, Bu Mega memberikan hak istimewa. Masing-masing boleh mengajukan kepada Bu Mega siapa calon pengganti mereka.

Baca Juga:

Maka Risma ngotot mencalonkan Eri Cahyadi. Anak buahnya di kantor wali kota. Birokrat.

Anas mencalonkan istrinya. Yang memang meraih hasil survei tertinggi di Banyuwangi.

Model penghargaan khusus dari Bu Megawati untuk kepala daerah yang berprestasi itu terbukti ampuh. Maka di Surabaya dan Banyuwangi, Bu Mega berhasil membuat calon baru pun bisa serasa incumbent

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News