Jusuf Kalla akan Hadiri Harteknas di Makassar

Jusuf Kalla akan Hadiri Harteknas di Makassar
Wapres Jusuf Kalla. Foto: Ist/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla akan menghadiri Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke–22 di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (10/8).

Hakteknas yang mengusung tema Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan; Peran SDM dan Inovasi dalam Pembangunan Maritim Indonesia" ini digelar oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Kegiatan ini sebagai wujud apresiasi atas prestasi anak bangsa yang membanggakan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dengan lahirnya berbagai produk inovasi teknologi yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Hakteknad ke-22 ini rencananya akan dihadiri sekitar 5.000 orang. Terdiri dari unsur menteri, kepala lembaga pemerintah non-kementerian, gubernur seluruh Indonesia, bupati, wali kota se-Sulsel, rektor universitas negeri/swasta dan kopertis se-Indonesia, inventor dan inovator, serta petani dan nelayan se-Sulsel.

Penetapan Hakteknas ini didasarkan pada Keputusan Presiden (Kepres) nomor 71 tahun 1995 tentang Hari Kebangkitan Nasional pada setiap 10 Agustus dengan tujuan mengembangkan dan menghargai prestasi yang lebih tinggi di bidang teknologi.

Hakteknas tahun ini merupakan peringatan yang istimewa karena pertama kali diselenggarakan di luar pulau Jawa. Selama 21 tahun pelaksanaannya selalu di pulau Jawa.

Pemilihan Kota Makassar dengan pertimbangan bahwa Sulsel merupakan salah satu provinsi dengan garis pantai terpanjang dan memiliki dinamika pembangunan pesisir yang paling tinggi di Indonesia. Kota Makassar juga memiliki pelabuhan perikanan yang terbesar di kawasan timur Indonesia.

Wapres beserta rombongan akan berangkat dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma dengan pesawat kepresidenan BAe-RJ 85, Kamis (10/8) pagi. Wapres rencananya tiba di Lanud TNI AU Hasanuddin, Maros, Sulsel. disambut gubernur, pangdam, kapolda, dan anggota forum koordinasi pimpinan daerah Sulsel.

Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla akan menghadiri Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke–22 di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News