Kabaharkam Berterima Kasih Atas Peran Masyarakat dalam PSBB

Kabaharkam Berterima Kasih Atas Peran Masyarakat dalam PSBB
Komjen Agus Andrianto. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Agus Andrianto berterima kasih dan memberikan apresiasi atas kerja sama dan peran masyarakat dalam penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Agus yang juga menjabat Kaopspus Aman Nusa II-Penanganan COVID-19 mengatakan, masyarakat memiliki peran besar atas keberhasilan PSBB.

"Sejauh ini masyarakat bisa diajak bekerja sama. Terbukti dari jumlah kriminalitas yang terjadi di periode Januari, Februari, Maret, April ini terjadi penurunan,” kata Komjen Agus pada Talkshow Metro TV Polri Promoter bertajuk Bersama, Lawan Covid-19, Jumat (8/5).

"Walaupun ada beberapa kasus seperti curat (pencurian dengan pemberatan) kemudian curas (pencurian dengan kekerasan) memang meningkat di beberapa kasus tertentu," imbuhnya.

Kabaharkam Polri membeberkan, berdasarkan data pada bulan Maret 2020 tercatat ada 2.802 kasus, sementara pada April 2020 tercatat ada 16.377 kasus, atau terjadi penurunan sebesar 21 persen.

Menurutnya, selain peran masyarakat, penerapan PSBB juga bergantung pada sinergitas semua stakeholder seperti TNI-Polri dan perangkat daerah. "Namun, peran masyarakat sangat dominan,” katanya.

“Karena kemampuan aparat dalam melakukan kegiatan di lapangan, kegiatan preemtif, deteksi, maupun kegiatan pencegahan yang kami lakukan tanpa dukungan masyarakat pasti tidak akan bisa terlaksana dengan baik," pungkas Agus. (*/adk/jpnn)

Kabaharkam mengatakan, masyarakat sudah bisa diajak bekerja sama. Terbukti dari jumlah kriminalitas yang menurun.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News