JPNN.com

Kabar Baik dari Airlangga, RI Bisa Gantikan Posisi China

Rabu, 16 September 2020 – 12:34 WIB
Kabar Baik dari Airlangga, RI Bisa Gantikan Posisi China - JPNN.com
Presiden Joko Widodo berbincang dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3). Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan kabar baik bahwa 143 perusahaan dari sejumlah negara berencana merelokasi investasinya ke Indonesia.

Ratusan perusahaan itu berasal dari Amerika Serikat (AS), Taiwan, Korea Selatan, Hong Kong, Jepang, dan China.

“Data dari BKPM terdapat 143 perusahaan yang memiliki rencana relokasi investasi ke Indonesia dengan potensi penyerapan tenaga kerja lebih dari 300 ribu orang,” ucap Airlangga dalam acara HSBC Economic Forum secara virtual di Jakarta, Rabu (16/9).

Rencana ratusan perusahaan itu merelokasi bisnisnya tidak terlepas dari pukulan akibat pandemi Covid-19. Para investor berpikir bahwa mereka tidak bisa hanya menggantungkan rantai pasok barang terpusat di satu negara saja.

Kondisi ini menurutnya menjadi momentum bagi Indonesia untuk bisa menggantikan posisi China sebagai negara tujuan investasi dari hubungan rantai pasok global baru.

“Kini banyak perusahaan multinasional yang mulai relokasi dari China ke negara Asia lain terutama ASEAN," ucap mantan Menteri Perindustrian itu.

Pemerintah juga sudah menyiapkan strategi untuk menghadapi tantangan eksternal dan internal menyambut peluang relokasi investasi tersebut.

Salah satunya pemerintah akan segera menyelesaikan pembahasan RUU Cipta Kerja dengan DPR untuk meningkatkan investasi.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fathra