Kabar Baik, Peringkat ESG Dunia Naik, Pertamina Komitmen Penuhi ESG Terintegrasi

Kabar Baik, Peringkat ESG Dunia Naik, Pertamina Komitmen Penuhi ESG Terintegrasi
Gedung Pertamina. Foto: dok Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) berkomitmen memenuhi aspek enviromental, social, dan governance (ESG) secara terintegrasi dalam upaya menjaga keberlanjutan lingkungan dan masyarakat.

Direktur Keuangan Pertamina Emma Sri Martini mengatakan pihaknya akan terus menyelaraskan aspek ESG ke dalam strategi bisnis perusahaan dengan terus berkaca pada standar dunia.

"Implementasi ESG secara terintegrasi diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan reputasi Pertamina di mata dunia, termasuk meningkatkan kepercayaan investor untuk menunjang kebutuhan pendanaan investasi Pertamina," kata Emma dalam keterangannya di Jakarta, Senin (4/10).

Pada September 2021, Pertamina menerima ESG Risk Rating oleh Sustainalytics sebesar 28,1 dan dinilai berada pada risiko medium dalam mengalami dampak keuangan material dari faktor-faktor ESG.

Risk Rating ini mengalami perbaikan signifikan dari sebelumnya mencapai 41,6 pada Februari 2021.

Sustainalytics adalah perusahaan penelitian, pemeringkatan, dan data ESG independen terkemuka yang mendukung investor di seluruh dunia dengan pengembangan dan penerapan strategi investasi yang bertanggung jawab.

ESG Risk Rating dari Sustainalytics mengukur eksposur perusahaan terhadap risiko ESG yang material dan seberapa baik perusahaan mengelola risiko tersebut.

Dengan skor ini, Pertamina menempati posisi 15 dari 252 perusahaan di industri migas dan posisi 8 di sub industri terintegrasi migas.

Implementasi ESG secara terintegrasi diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan reputasi Pertamina di mata dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News