Sabtu, 25 Mei 2019 – 12:14 WIB

Kabar Duka: 33 Petugas Panwaslu Wafat selama Pemilu 2019

Rabu, 24 April 2019 – 20:10 WIB
Kabar Duka: 33 Petugas Panwaslu Wafat selama Pemilu 2019 - JPNN.COM

Bawaslu RI. Foto: dok jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Pemilu 2019 yang menyerentakkan pemilihan legislatif dan presiden tidak hanya merenggut para petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Sebab, petugas pengawas atau panwas pun berguguran dalam rangka mengawasi Pemilu 2019.

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja mengungkapkan, ada 33 petugas Panwas meninggal dunia selama Pemilu 2019. Angka itu berdasar catatan hingga Rabu (24/4).

"Kami berduka, akan tetapi tugas kami masih banyak dan laporan dari masyarakat juga masih kami tindak lanjuti. Pengawasan rekapitulasi juga masih kami lakukan," ujar Rahmat.

Baca juga: Fahri Hamzah: Ratusan Petugas Pemilu Meninggal Dunia, Baru Terjadi di Indonesia

Karena itu, Bawaslu berupaya mencari solusi atas persoalan yang terjadi. Lembaga penyelenggara pemilu itu juga akan mengupayakan pemberian santunan bagi petugas panwas yang meninggal dunia.

"Nanti setelah ini selesai semua tapi kami juga harus punya simpati dan empati terhadap teman-teman yang gugur. Pasti ada, nanti mekanisme tersendiri dari Bawaslu terhadap teman-teman tersebut," kata dia.

Hanya saja, Rahmat tak ingin jajaran Bawaslu kehilangan semangat karena banyak petugas panwas yang gugut. Bawaslu akan tetap menuntaskan tugasnya.

Baca juga: Ratusan Petugas Pemilu Meninggal, Ketua KPU: Orang tak Bisa Kerja 24 Jam Penuh

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar