Kabar Duka, Kadis Pertanian Probolinggo Sudiman Meninggal Dunia karena Covid-19

Kabar Duka, Kadis Pertanian Probolinggo Sudiman Meninggal Dunia karena Covid-19
Saat melepas jenazah almarhum Kadis Pertanian Kota Probolinggo. Foto: antara

jpnn.com, PROBOLINGGO - Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Probolinggo Sudiman meninggal dunia di usia 52 tahun, setelah dirawat di RSUD dr Moh. Saleh karena terinfeksi Covid-19.

Wakil Wali Kota Probolinggo Mochammad Soufis Subri, Sekda drg Ninik Ira Wibawati dan sejumlah Kepala OPD beserta staf di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo ikut melepas jenazah Sudiman di kamar mayat RSUD dr Moh Saleh, Rabu sore.

"Beliau dibawa ke ruang isolasi, kami berikan oksigen, injeksi, obat radiomavir. Pada hari Senin (5/10) mengambil plasma (aferesis), kemudian terapi convalescent pada Selasa (6/10)," jelas Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Probolinggo dr Abraar Kuddah di Probolinggo, Rabu.

Sudiman dirawat di RSUD dr Moh. Saleh sejak Minggu (4/10), saturasi oksigennya adalah 68 persen, sedangkan seseorang dalam kondisi normal adalah 96 hingga 100 persen.

Terdapat gambaran dari paru mengalami vibrosis di kedua parunya dan hasil IGM (Immunoglobulin) dan IgG reaktif.

"Pada hari Senin (5/10), kondisi Sudiman sempat membaik. Tes usap dilakukan pada Senin (5/10) pagi dan sore, hasilnya sudah keluar dan dinyatakan positif COVID-19," tuturnya.

Abraar menjelaskan, pihaknya sudah menduga bahwa almarhum Sudiman terinfeksi COVID-19 pada Minggu (4/10) saat masuk RSUD dr Moh. Saleh karena gambaran parunya sudah bisa diprediksikan seperti itu (pemeriksaan), kemudian drop dan pada Rabu pukul 11.30 WIB dinyatakan meninggal dunia.

"Saya berharap kepada masyarakat Kota Probolinggo tidak menghakimi pasien COVID-19 adalah aib. Stop stigma dan judge pasien COVID-19 adalah aib," katanya.

Kabar duka menyelimuti pemerintah kota Probolinggi, Kadis Pertanian Sudiman telah meninggal dunia karena covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News