Kabar Gembira Buat Wisatawan yang Berencana ke Gunung Rinjani

Kabar Gembira Buat Wisatawan yang Berencana ke Gunung Rinjani
Lereng Gunung Rinjani. Foto: Ivan/Lombok Post/dok.JPNN.com

jpnn.com, MATARAM - Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) menyampaikan kabar gembira buat para wisatawan yang berencana menikmati pesona Gunung Rinjani.

BTNGR telah memutuskan menambah kuota kunjungan wisatawan ke seluruh destinasi wisata alam, baik pendakian maupun nonpendakian Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Kami menambah dari 30 persen menjadi 50 persen dari kuota normal, serta menambah waktu kunjungan wisata pendakian menjadi tiga hari dua malam terhitung mulai 16 November 2020," kata Kepala BTNGR Dedy Asriady dalam konferensi pers di Mataram, Jumat (13/11).

Keputusan menambah kuota dan waktu kunjungan bagi wisatawan Gunung Rinjani  tidak terlepas dari ikhtiar bersama dalam mempertahankan situasi kondusif di kawasan wisata TNGR.

"Kondisi tersebut terpantau oleh pusat bahwa kawasan TNGR dapat terjaga dengan baik dari segi standar operasional prosedur (SOP) maupun penerapan SOP pendakiannya," jelas Dedy.

Kuota wisata pendakian Gunung Rinjani melalui jalur pendakian Timbanuh di Kabupaten Lombok Timur, ditambah dari 30 orang menjadi 50 orang per hari.

Hal yang sama juga diterapkan di jalur pendakian Aik Berik di Kabupaten Lombok Tengah.

Kemudian, kuota wisata pendakian lewat jalur Sembalun di Kabupaten Lombok Timur juga ditambah dari 45 orang menjadi 75 orang per hari.

Kabar gembira bagi wisatawan disampaikan Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) di Mataram.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News