Kabar Gembira dari Menko PMK soal Status Covid-19, Silakan Disimak

Kabar Gembira dari Menko PMK soal Status Covid-19, Silakan Disimak
Menko PMK Muhadjir Effendy saat kunker ke daerah. Foto Humas Kemenko PMK

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah akan menyiapkan langkah-langkah yang mengasumsikan Covid-19 tidak akan hilang begitu saja dalam waktu cepat, tetapi akan menjadi endemi.

Artinya, kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, nanti akan menjadi wabah yang sifatnya sporadis di tempat-tempat tertentu seperti flu, demam berdarah, dan seterusnya.

"Tidak ada pilihan lain saat ini selain disiplin menjalankan protokol kesehatan," kata Menko Muhadjir saat kunjungan kerja di Jawa Timur, Minggu (29/8). 

Terlebih, lanjutnya, menjadikan protokol kesehatan sebagai bagian kehidupan sehari-hari terutama memakai masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan.

Di samping itu, pemerintah juga terus melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Kondisi tersebut akan berlangsung sampai penanganan Covid-19 dianggap betul-betul terkendali.

Menko PMK juga mewanti-wanti agar pembagian bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat benar-benar terlaksana dengan baik dan tepat sasaran. Jangan sampai ada masyarakat yang berhak namun tidak memperoleh bantuan.

"Kalau ada laporan atau mumpung saya di sini silakan melapor mana yang tidak merata, siapa yang nggak kebagian nanti saya  catat biar segera saya tangani. Pokoknya tidak boleh ada orang yang berhak kemudian tidak dapat," cetusnya.

Menko PMK mengatakan pemerintah tengah menyiapkan perubahan status pandemi Covid-19 menjadi endemi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News