Kabar Gembira dari Menteri Nadiem, Bulan Ini Dana BOP PAUD & Kesetaraan Cair

Kabar Gembira dari Menteri Nadiem, Bulan Ini Dana BOP PAUD & Kesetaraan Cair
Mendikbudristek Nadiem Makarim saat meluncurkan Merdeka Belajar Episode 16: Akselerasi dan Peningkatan Pendanaan PAUD dan Pendidikan Kesetaraan secara daring, Selasa (15/2). Foto tangkapan layar YouTube Kemdikbud RI

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengungkapkan dana BOP PAUD dan BOP kesetaraan akan disalurkan langsung ke rekening sekolah.

Dia menyebutkan bulan ini dana BOP PAUD dan kesetaraan tahap satu mulai disalurkan ke satuan pendidikan.

"Diproyeksikan 100 persen akan diterima pada Maret 2022. Dana bantuan ini akan diterima dalam waktu tercepat sejak program BOP dimulai,” kata Menteri Nadiem pada peluncuran Merdeka Belajar Episode 16: Akselerasi dan Peningkatan Pendanaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Kesetaraan secara daring, Selasa (15/2).

Sebagai persyaratan penerima BOP PAUD dan kesetaraan, satuan pendidikan wajib memiliki nomor pokok sekolah nasional (NPSN) dan telah memutakhirkan data pokok pendidikan (Dapodik) sesuai kondisi riil selambatnya 31 Agustus tahun anggaran sebelumnya.

Selanjutnya, juga harus memiliki izin penyelenggaraan pendidikan bagi satuan pendidikan swasta serta memiliki rekening satuan pendidikan atas nama satuan pendidikan, dan tidak merupakan satuan pendidikan kerja sama.

“Penyaluran langsung ke satuan pendidikan berarti satuan pendidikan wajib memastikan validitas data dalam Dapodik. Jumlah peserta didik yang dihitung sebagai basis BOP merupakan peserta didik yang memiliki NISN,” papar Menteri Nadiem.

Untuk ruang lingkup penggunaan, lanjut Menteri Nadiem, penggunaan dana BOP PAUD dan BOP Pendidikan Kesetaraan menjadi lebih fleksibel sesuai kebutuhan satuan pendidikan.

Sebelas komponen penggunaan dana BOP, yaitu penerimaan peserta didik baru, pengembangan perpustakaan maupun layanan pojok baca, pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan ekstrakurikuler, pelaksanaan kegiatan asesmen dan evaluasi pembelajaran.

Mendikbudristek Nadiem Makarim menyampaikan kabar gembira terkait pencairan dana BOP PAUD dan kesetaraan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News