Kabar Gembira dari Pak Muhajir, Insentif Nakes Segera Cair, Alhamdulillah

Kabar Gembira dari Pak Muhajir, Insentif Nakes Segera Cair, Alhamdulillah
Pemkab Penajam Paser Utara segera mencairkan insentif nakes (tenaga kesehatan) yang menangani Covid-19 pada pekan ini. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - Insentif nakes yang bertugas menangani Covid-19 di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur bakal segara dicairkan.

Kabar gembira soal pencairan insentif nakes (tenaga kesehatan) itu disampaikan Plt Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) PPU Muhajir.

"Intensif tenaga medis virus corona untuk Januari sampai Juni 2021 akan segera dicairkan dalam pekan ini," kata Muhajir di Penajam, Rabu (1/9).

Dia menjelaskan tiga hal penyebab terlambatnya pencairan insentif tenaga kesehatan yang terlibat penanganan Covid-19.

Salah satunya, kata Muhajir, surat edaran pembebanan pemberian insentif tenaga medis yang terlibat penanganan Corona terbit saat berjalannya APBD 2021.

Kemudian proses rasionalisasi program dan kegiatan memerlukan waktu yang cukup panjang, serta penyusunan perubahan APBD melalui Perkada (peraturan kepala daerah).

Muhajir menyebut seluruh alokasi anggaran di OPD (organisasi perangkat daerah) yang bersumber dari DAK dan DBH perlu refocusing.

"Kami lakukan refocusing anggaran yang bersumber dari DAK dan DBH sesuai surat edaran Menteri Keuangan yang terbit di akhir Februari 2021," ucapnya.

Pak Muhajir mengabarkan bahwa insentif nakes (tenaga kesehatan) yang menangani Covid-19 di Penajam Paser Utara, Kaltim segera cair.