Kabar Gembira, Harga TBS Sawit di Riau Naik Lagi

Kabar Gembira, Harga TBS Sawit di Riau Naik Lagi
Sempat turun, harga tandan buah segar (TBS) Sawit di Riau kembali naik hingga sepekan ke depan. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, PEKANBARU - Sempat turun, harga tandan buah segar (TBS) Sawit di Riau kembali naik hingga sepekan ke depan.

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Disbun Provinsi Riau Defris Hatmaja mengatakan pihaknya bersama tim penetapan harga telah melaksanakan rapat.

Berdasarkan rapat itu, harga TBS sawit penetapan minggu ke 47 bulan November tahun 2022, periode 30 November sampai 06 Desember 2022 mengalami kenaikan pada setiap kelompok umur kelapa sawit.

“Kenaikan terbesar terjadi pada kelompok umur 10 sampai 20 tahun sebesar Rp 26,11/Kg atau mencapai 0,95 persen dari harga minggu lalu,” kata Defris kepada JPNN.com Rabu (30/11).

Sehingga harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu kedepan naik menjadi Rp 2.761,79/Kg.

“Faktor penyebab naiknya harga TBS periode ini karena terjadinya kenaikan dan penurunan harga jual CPO dan kernel dari perusahaan yang menjadi sumber data,” jelasnya.

Walaupun indeks K yang dipakai masih sama dengan indeks K periode minggu lalu yaitu 92,64 persen, dan indeks K berlaku untuk 1 bulan ke depan.

“Harga penjualan CPO minggu ini naik sebesar Rp 97,55 dari minggu lalu, maka harga pembelian TBS untuk 1 minggu kedepan terkoreksi naik menjadi Rp 2.761,79 (umur 10-20 tahun),” ungkapnya.

Sempat turun, harga tandan buah segar (TBS) Sawit di Riau kembali naik hingga sepekan ke depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News