Kabar Gembira Lagi dari Mas Nadiem untuk Siswa Miskin, Ikuti Programnya, Jangan Kelewatan

Kabar Gembira Lagi dari Mas Nadiem untuk Siswa Miskin, Ikuti Programnya, Jangan Kelewatan
Mendikbudristek Nadiem Makarim beri kabar gembira bagi siswa miskin. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Mendikbudristek (Nadiem Makarim) punya kabar gembira bagi siswa miskin.

Bagi para siswa yang memiliki kemampuan akademik, ingin kuliah, tetapi ekonomi keluarga terbatas, Nadiem memberikan solusi lewat transformasi Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah).

Menurut Mas Nadiem-sapaan Nadiem Makariem, transformasi KIP menjadi KIP Kuliah Merdeka 2021 sebagai bentuk jaminan pembiayaan pendidikan dan bantuan biaya hidup yang diberikan kepada siswa dari keluarga kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. 

Tahun ini, Kemendikbudristek membuka kembali pendaftaran program KIP Kuliah Merdeka 2022 bagi semua siswa yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri (PTN) atau pun perguruan tinggi swasta (PTS). 

Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek Abdul Kahar menambahkan, bagi yang berminat kuliah tahun ini dan memenuhi kriteria penerima KIP Kuliah, jangan ragu daftar KIP Kuliah Merdeka. 

"Insyaallah semua bisa kuliah," ujar Abdul Kahar di Jakarta, Jumat (25/3).

Dia melanjutkan, jika tidak lulus seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN), dan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN), pilih lagi seleksi mandiri, dan seterusnya. Seleksi PTS juga masih bisa dipilih siswa. 

Untuk mendapatkan KIP Kuliah Merdeka, kata Kahar, calon mahasiswa baru cukup membuat satu akun untuk semua seleksi masuk perguruan tinggi, mulai dari SNPMTN hingga jalur seleksi mandiri. 

Mendikbudristek Nadiem Makarim memberikan kabar gembira lagi bagi siswa miskin, ikuti programnya, jangan sampai kelewatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News